Follow detikFinance
Jumat 12 May 2017, 13:53 WIB

Sri Mulyani Harap Hiruk Pikuk Politik RI Tak Ganggu Ekonomi

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Sri Mulyani Harap Hiruk Pikuk Politik RI Tak Ganggu Ekonomi Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - Situasi politik di Indonesia saat ini dinilai sejumlah pihak tengah panas-panasnya. Namun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini hal tersebut tidak akan berpengaruh pada kondisi perekonomian Indonesia.

Ini ditunjukkan dengan kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang sempat melorot. Meski tidak sepenuhnya membenarkan, Sri Mulyani mengaku dirinya hanya bisa terus berupaya meyakini para investor agar tidak terpengaruh pada kondisi politik di Indonesia sekarang ini.

"Kami akan terus berusaha untuk bisa meyakinkan bahwa suasana keamanan ataupun ketertiban, dan proses politik di Indonesia dilihat proses demokrasi yang aman dan normal. Ini sifatnya aspirasi dari masyarakat. Kami harap ini tidak ganggu confidence bagi ekonomi," ungkap Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (12/05/2017).



Kondisi yang sama juga dirasakan pada dana repatriasi yang belum seluruhnya masuk. Hingga akhir Maret komitmen dana repatriasi pada program tax amnesty yang masuk masih senilai Rp 128,3 triliun dari komitmen total dana repatriasi sebesar. Rp 146,6 triliun. Hal tersebut juga dianggap menerima dampak dari situasi politik nasional yang terjadi saat ini.

"Situasi saat ini pemerintah akan terus melakukan usaha agar keamanan dan persepsi terhadap Indonesia dijaga baik," terangnya.



Ke depan Sri Mulyani berharap seluruh wajib pajak dapat melaksanakan komitmennya untuk menyerahkan dana repatriasi yang menjadi kewajiban.

"Kalau bentuknya repatriasi kami harap harta itu akan dibawa ke Indonesia sesuai yang disampaikan," ujarnya.

(mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed