Follow detikFinance
Rabu 14 Jun 2017, 16:59 WIB

Pengusaha: Indonesia Punya Hari Libur Terbanyak di Dunia

Muhammad Idris - detikFinance
Pengusaha: Indonesia Punya Hari Libur Terbanyak di Dunia Ilustrasi Cuti (Foto: Jhoni Hutapea/detikcom)
Jakarta - Kalangan pengusaha keberatan terkait rencana pemerintah menambah cuti bersama Lebaran 2017 ini. Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Suryadi Sasmita mengatakan, tanpa penambahan cuti bersama saja, saat ini menurutnya Indonesia sudah menjadi negara dengan hari libur terbanyak.

Hal ini, dapat berimbas pada produktifitas usaha yang ada di tanah air. Kalangan pengusaha bahkan berhitung, akan banyak potensi pendapatan yang hilang karena banyaknya hari libur.

"Kita ini pengusaha melihat Indonesia ini punya hari libur terbanyak di dunia. Nah ini kalau terus ada cuti bersama ditambah karena kejepit, terus terang kita ada pendapatan yang hilang," ujar Suryadi kepada detikFinance, Rabu (14/6/2017).

Diungkapkannya, tambahan cuti bersama ini tak sesuai dengan upaya pemerintah saat ini untuk mendukung daya saing dunia usaha. Salah satunya bakal menambah beban uang lembur untuk karyawannya.

"Dengan adanya saat ini saja (liburan nasional) kita sudah enggak efisien. Produktivitas semakin rendah, kita enggak setuju kalau. Kalau jadi cuti bersama, kita jadi harus bayar uang lembur. Tolonglah itu pemerintah bisa dipikirkan," ujar Suryadi. (dna/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed