Follow detikFinance
Senin 19 Jun 2017, 13:49 WIB

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Telan Dana Rp 13 T

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Telan Dana Rp 13 T Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Pemerintah akhirnya membuka lelang investasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II sisi Selatan. Proyek ini merupakan proyek prakarsa yang diinisiasi oleh Jasa Marga.

Berbeda dengan proyek tol Jakarta Cikampek layang (elevated) yang saat ini konstruksinya tengah berjalan, jalan tol Jakarta-Cikampek II ini akan dibangun di atas tanah, mengambil lokasi di sisi selatan jalan tol Jakarta-Cikampek yang saat ini telah beroperasi.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang diterima detikFinance, Senin (19/6/2017), proyek tol yang membentang sepanjang 64 km ini membutuhkan biaya investasi sebesar Rp 13,38 triliun.

Direncanakan, jalan bebas hambatan ini nantinya bisa dilalui dengan kecepatan 100 km/jam melalui lajur 2x3 dengan lebar 3,6 meter dan tipe perkerasan jalan rigid pavement. Tol ini akan melewati 6 buah simpang susun dengan lebar right of way (ROW) jalan rata-rata 60 meter.

Seperti diketahui, pengembangan kawasan industri di Bekasi, Cikarang dan Karawang telah menimbulkan gangguan dan hambatan terhadap arus transportasi di sekitar jalan tol Jakarta-Cikampek yang saat ini telah ada. Lalu lintas yang telah meningkat pesat dan melebihi kapasitas jalan membuat kemacetan lalu lintas kerap terjadi di daerah ini dan berdampak langsung pada mobilitas di kawasan.

Dibangunnya Jalan Tol Cikampek II sisi Selatan Jakarta pun diyakini dapat menciptakan jalur transportasi baru dan tidak akan melewati daerah Jakarta yang padat. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed