Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Jul 2017 17:57 WIB

MRT Bundaran HI-KP Bandan Segera Dibangun, Ini Daftar Stasiunnya?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Pembangunan MRT (Foto: Lamhot Aritonang) Pembangunan MRT (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Pembangunan sarana transportasi Mass Rapid Transportation (MRT) Jakarta Fase II akan segera dimulai tahun depan. Pembangunan MRT Jakarta Fase II akan membentang sepanjang 8 kilometer (km) meliputi Bundaran HI-Kampung Bandan.

Sedikitnya ada 8 stasiun yang akan menjadi tempat pemberhentian MRT Jakarta Fase II. Stasiun MRT Jakarta Fase II setelah Bundaran HI ada di Sarinah dan kemudian berlanjut di Monumen Nasional (Monas) dan berakhir di Kampung Bandan.

"Ada 8 stasiun, Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Glodok, Kota, dan Kampung Bandan depo," ujar
Direktur Utama PT MRT Jakarta William P. Sabandar dalam Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta di Bakoel Koffie Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2017).

William menambahkan, Pembangunan MRT Jakarta Fase II tersebut menelan investasi Rp 22,5 triliun. PT MRT Jakarta mengajukan pinjaman ke Jepang sebesar Rp 25 triliun, di mana Rp 2,56 triliun di antaranya untuk menambal biaya investasi MRT Jakarta Fase I.

"Pendanaan Fase II total butuh Rp 22,5 triliun, kemudian dari fase I kurang Rp 2,56 triliun, total Rp 25,1 triliun," kata William.

Saat ini, proyek MRT Jakarta fase dua Bundaran HI-Kampung Bandan memasuki tahap basic engineering design. Trase MRT Jakarta fase dua ini nantinya perlu Peraturan Gubernur (Pergub) dan diperlukan persetujuan Menteri Perhubungan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed