Follow detikFinance
Selasa 11 Jul 2017, 18:45 WIB

#GantiMenteriSusi, Susi: Itu Hak Presiden

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
#GantiMenteriSusi, Susi: Itu Hak Presiden Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Twitter siang ini menampilkan trending topic dengan hashtag alias tagar #GantiMenteriSusi. Tagar ini bahkan sempat menembus trending topic nomor satu di Indonesia.

Munculnya trending topic tersebut disebabkan adanya aksi demonstrasi sejumlah nelayan di depan Istana Merdeka. Mereka menolak kebijakan Susi melarang penggunaan cantrang sebagai alat tangkap ikan, dan meminta Susi mundur dari jabatannya.

Menanggapi hal tersebut, Susi menjawabnya dengan santai. Menurutnya, kewenangan untuk mencopot dirinya dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isu pergantian (reshuffle) pun kerap berhembus setiap tahunnya.

Saksikan video 20detik mengenai #GantiMenteriSusi di sini:


"Ya itu kan hak prerogratif Presiden. Tiap tahun kan begitu, mau diganti," ujar Susi sambil berjalan cepat keluar Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Susi pun enggan menjawabnya lebih lanjut mengenai hal tersebut. Ia mengatakan saat ini ia ditugaskan untuk membantu Jokowi dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Enggak tahu, saya kan hanya pembantu Presiden," tutur Susi.

Dalam rapat bersama Komisi IV DPR RI siang tadi, Susi mengusulkan anggaran untuk kementeriannya tahun depan sebesar Rp 7,3 triliun. Angka tersebut lebih rendah dari anggaran tahun ini sebesar Rp 9,27 triliun atau turun sekitar Rp 2 triliun.

"Memang kita tidak perlu, enggak perlu cari-cari untuk mengeluarkan uang negara. Enggak boleh," kata Susi.
(ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed