Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 11:49 WIB

Daftar Lengkap Ruas Tol Trans Sumatera yang Bisa Dijajal Tahun Ini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Daftar Lengkap Ruas Tol Trans Sumatera yang Bisa Dijajal Tahun Ini Foto: Istimewa
Jakarta - Empat ruas Tol Trans Sumatera yang difungsikan saat Lebaran Juni 2017 lalu bakal dioperasionalkan hingga akhir tahun mendatang. Ruas tersebut adalah ruas Medan-Binjai, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Palembang-Indralaya dan Bakauheni-Terbanggi Besar.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, keempat ruas jalan tersebut bakal dioperasikan secara bertahap alias tidak seluruh seksi.

Ruas pertama yang direncanakan bakal dibuka adalah Tol Medan Binjai seksi 2 dan 3 yang menyambungkan Helvetia hingga Binjai sepanjang 10,46 km. Ruas ini telah dilakukan pra ujicoba dan segera dioperasionalkan September mendatang menyusul perapian pintu masuk gerbang tol yang akan dilalui.

"Ada masalah tanah yang masih mengganggu jalan masuknya. Tapi secara ini bisa dilalui, tapi tidak sempurna. Ini yang mau diselesaikan," katanya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Selanjutnya adalah seksi 1 Jalan Tol Palembang-Indralaya sepanjang 7,75 km. Saat ini progres fisik telah mencapai 95% dengan pengadaan tanah telah rampung. Sementara untuk seksi 2 dan 3 diperkirakan baru bisa dibuka pada awal tahun depan, meski tetap akan diusahakan pada akhir tahun ini.

Ruas lainnya adalah seksi 2 hingga 6 Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 41,6 km yang menyambungkan Bandara Kualanamu hingga Kota Sei Rampah. Dan terakhir adalah paket 2 dari ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang menyambungkan segmen Interchange Pelabuhan Bakauheni dan Bakauheni dan simpang susun Kotabaru ke simpang susun Lematang sepanjang 5 km.

"Jadi yang kemarin fungsional waktu mudik itu mestinya beroperasi sampai akhir tahun ini," pungkasnya. (eds/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed