Follow detikFinance
Selasa 12 Sep 2017, 07:21 WIB

Tak Hanya Tere Liye, Artis dan Profesi Lain Juga Bernasib Sama

Hendra Kusuma - detikFinance
Tak Hanya Tere Liye, Artis dan Profesi Lain Juga Bernasib Sama Foto: Dana Aditiasari-detikFinance
Jakarta - Belum lama ini sektor perpajakan nasional kembali menerima protes dari mereka yang berprofesi sebagai penulis, dia adalah Tere Liye yang menganggap perlakuan pajak terhadap penulis di Indonesia tidak adil.

Apakah cuma profesi penulis yang perlakuan pajaknya seperti itu?

Pengamat Pajak dari Danny Darussalam Tax Center (DDTC), Darussalam, mengatakan pengenaan pajak bagi seluruh pekerja profesi sama. Itu artinya, seluruh pekerjaan profesi mendapat perlakuan dan skema pengenaan pajak sesuai aturan yang berlaku.

"Saya berpendapat bahwa wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas (termasuk profesi penulis) pengenaan pajaknya sudah fair dan adil tidak ada yang perlu dipermasalahkan," kata Darussalam saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Selasa (12/9/2017).


Pengenaan pajak yang sudah adil, kata Darussalam, dikarenakan pada dasarnya pengenaan pajak atas wajib profesi tersebut jika menyelenggarakan pembukuan pajaknya dihitung dari penghasilan neto, yakni penghasilan bruto dikurangi dengan biaya.

Adapun, biaya-biaya yang dapat diperhitungkan sebagai pengurangan penghasilan kena pajak adalah biaya-biaya yang terkait dengan biaya untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan baik langsung maupun tidak langsung.


"Apabila wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas tersebut diperbolehkan menghitung penghasilan netonya dengan norma maka wajib pajak orang pribadi tersebut dikecualikan dari kewajiban melakukan pembukuan tetapi dia wajib melakukan pencatatan," jelas dia.

"Kewajiban pajaknya dihitung berdasarkan norma penghasilan neto yang besarnya dihitung dari penghasilan bruto x 50%. Adapun Batasan peredaran usaha agar dapat menghitung dengan norma adalah kurang dari Rp 4,8 miliar dalam setahun," tutup dia. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed