Follow detikFinance
Selasa 12 Sep 2017, 14:44 WIB

Cerita di Balik Munculnya Tongtol Si 'Tongkat Ajaib' Buat Bayar Tol

Dana Aditiasari - detikFinance
Cerita di Balik Munculnya Tongtol Si Tongkat Ajaib Buat Bayar Tol Foto: dok. tongkatkartu.id
Jakarta - Dari masalah bisa muncul peluang. Anggapan tersebut tampaknya cukup relevan dengan kondisi saat ini. Salah satunya seperti terlihat dari fenomena tongtol.

'Tongkat ajaib' berbahan plastik mirip penepuk lalat ini muncul karena adanya kendala pengguna jalan tol untuk menempelkan kartu pembayaran ke reader di Gerbang Tol Otomatis (GTO).

tongtoltongtol Foto: dok. Andrian Gunawan

Hal tersebut disampaikan Andrian Gunawan, seorang pengelola pabrik plastik di Kopo, Bandung, yang mengaku punya ide awal menciptakan tongtol ini.

"Idenya muncul sekitar setahun lalu. Kan mulai banyak orang pakai e-tollcard. Tapi ada satu masalah. Terutama yang pengemudi perempuan. Karena tangannya enggak sampai, mereka sampai harus lepas seatbelt bahkan buka pintu," kata dia saat dihubungi detikFinance, Selasa (12/9/2017).

Saya lihat enggak sekali dua kali, bahkan ia sendiri mengalaminya.

"Pernah menunggu mobil di depan lama sekali. Padahal tinggal tempel. Ternyata, dia enggak sampai tangannya untuk tempel kartu," sambungnya.

tongtoltongtol Foto: dok. Andrian Gunawan

Melihat masalah ini, Andrian yang lulusan Singapore Institute of Management (SIM), langsung terfikir untuk membuat alat yang bisa membantu pengguna tol menjangkau reader atau mesin pembaca kartu.

"Saya melihat, berarti orang butuh extension (penyambung). Saya langsung kepikiran membuat alat itu. Kebetulan, orang tua memiliki pabrik plastik. Jadi seperti gayung bersambut," tutur dia.

tongtoltongtol Foto: dok. Andrian Gunawan

Ia menambahkan, saat ini tengah mempersiapkan untuk mengurus paten. Adapun bagi yang berminat mencoba peluang bisnis dengan menjadi reseller, kata Andrian, bisa menghubungi nomor 0813 2001 1155. (dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed