Follow detikFinance
Jumat 06 Oct 2017, 10:24 WIB

Rini Tersinggung Soal BUMN Disebut Dominasi Proyek Infrastruktur

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Rini Tersinggung Soal BUMN Disebut Dominasi Proyek Infrastruktur Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengaku tersinggung soal pernyataan Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani yang menyatakan bahwa banyak proyek, utamanya infrastruktur, dikuasai BUMN.

Terlebih lagi, ketika disinggung bahwa BUMN dan anak usahanya juga ikut menggarap pekerjaan-pekerjaan kecil sub kontraktor yang seharusnya menjadi jatah pengusaha swasta hingga UMKM.

"Saya sangat tersinggung mengenai UMKM itu. Yang mana UMKM nya? Tanya ketua Kadin, UMKM yang mana?," katanya dalam acara ngobrol santai di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (5/10/2017) malam.

Rini menambahkan, bahwa BUMN seutuhnya adalah milik negara dan milik rakyat Indonesia yang memberikan manfaat langsung, salah satunya dividen. Perusahaan swasta yang menjalankan bisnis serupa dengan BUMN juga tak kalah banyaknya dan tidak dipersoalkan.

"Kalau BUMN pasti milik negara, milik rakyat, kok dipersoalkan. Kalau swasta dimiliki beberapa orang tidak dipersoalkan," ujar Rini.

"(BUMN) yang dominasi rakyat. Kalau BUMN makin bagus, nilai makin tinggi yang benefit rakyat dan negara," tambah Rini.

Rini pun tidak sepakat dengan pernyataan kehadiran BUMN 'mematikan' UMKM yang ada. Pasalnya, BUMN juga hadir mengembangkan UMKM yang ada dengan menyalurkan kredit dari bank atau pinjaman dari BUMN jasa keuangan lainnya.

"Saya bilang, iya saya selama tiga tahun ini mengajak dirut-dirut untuk keliling. Ingin menekankan kita punya fungsi sebagai agen pembangunan," tutur Rini. (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed