Follow detikFinance
Rabu 15 Nov 2017, 07:11 WIB

Tertarik Bisnis Event Organizer? Ini Tipsnya

Tung Desem Waringin - detikFinance
Tertarik Bisnis Event Organizer? Ini Tipsnya Foto: Erwin Dariyanto
Jakarta - Di kota-kota besar sudah semakin menjamur para pebisnis-pebisnis di bidang Event Organizer. Jadi sebenarnya apa sih Event Organizer itu? Event Organizer adalah penyedia jasa profesional penyelenggara acara dan populer disebut dengan singkatan EO.

Tujuan dari sebuah Event Organizer tentu saja adalah untuk membantu kliennya agar bisa menyelenggarakan acara yang diinginkan tanpa harus menjalankan sendiri.

Hal ini tentu karena pihak penyelenggara memiliki keterbatasan sumber daya serta waktu sehingga mereka harus menggunakan jasa EO. Tetapi saat ini kebanyakan klien beralasan bahwa dengan menggunakan jasa EO profesional hasilnya lebih bagus dibandingkan bila dikerjakan sendiri. Mungkin

Anda tertarik dengan dunia Event Organizer? Bisnis ini sepenuhnya menguntungkan bila dikerjakan dengan serius dan memiliki inovasi yang membuat orang tertarik.

Berikut ini adalah beberapa tips jitu dalam menjalankan bisnis Event Organizer:

1. Memiliki Tim yang Solid
Memiliki teman yang tertarik dengan bisnis yang sama, atau memiliki pengalaman di bidang EO bisa membuat Anda membangun bisnis yang baik. Namun akan jadi percuma jika crew tersebut tidak solid dan professional, sudah tentu tidak akan sukses. Setiap crew harus mendapat job description masing-masing yang kemudian juga harus melaporkan progresnya masing-masing.

2. Pengalaman
Sepertinya sudah menjadi hal yang penting bahwa dalam menjalankan bisnis di bidag Event Organizer setidaknya harus memiliki pengalaman terlebih dahulu. Jadi pada umumnya, orang-orang pemilik jasa EO kebanyakan dahulunya pernah bekerja pada perusahaan EO. Berbekal pengalaman tersebutlah, Anda dapat mengetahui bagaimana cara, prosedur mengelola kegiatan, mulai dari masalah penyusunan proposal hingga eksekusi di lapangan.

3. Ide Kreatif dan Inovasi
Dalam menyewa jasa EO, para konsumen pasti membutuhkan orang-orang yang kreatif dengan ide-ide inovasi yang relevan dan menarik. Dan ini sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang EO untuk memiliki ide-ide kreatif dan memiliki inovasi yang benar-benar menghadirkan daya tarik.

4. Miliki Banyak Relasi
Sebuah perusahaan EO biasanya memiliki banyak relasi seperti perusahaan, sekolah, maupun intstansi lain. Dengan semakin banyaknya relasi memungkinkan semakin banyak yang menggunakan jasa EO Anda. Jangan canggung untuk bergaul dengan orang-orang kaya, karena pada umumnya pengguna jasa EO adalah kalangan menengah ke atas.

5. Miliki Mitra Kerja
Event Organizer bisa dikatakan adalah tim yang mengerjakan segalanya dalam acara. Perlu banyak crew dan perlu banyak memiliki mitra kerja. Anda harus bekerja sama dengan ahli dan pemilik sound system, tata lampu, penggung atau scafholding serta konstruksi rigging, perlengkapan meja, kursi, partisi, karpet, fotografer, videografer, alat musik, desainer grafis, penampil acara, MC dan lain sebagainya. Pastikan mitra kerja Anda memiliki kualitas SDM dan peralatan bagus karena akan berpengaruh pada reputasi jasa EO Anda.

Semoga bermanfaat.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed