Follow detikFinance
Kamis, 11 Jan 2018 08:01 WIB

Jokowi Buka Suara Soal Kebijakan Susi Tenggelamkan Kapal Maling Ikan

Hendra Kusuma - detikFinance
Halaman 1 dari 6
Foto: Rusman - Biro Pers Setpres Foto: Rusman - Biro Pers Setpres
Jakarta - Aksi tegas pemerintah dalam mengimplementasikan Undang-Undang sebagai bentuk law enforcement dalam hal ini penenggalaman terhadap kapal-kapal pencuri ikan di laut RI dianggap sudah tidak perlu dilakukan.

Jumlah 350 kapal ilegal dan pencuri ikan yang sudah ditenggelamkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merupakan bukti konkret pemerintah sudah menjalankan amanah Pasal 69 UU Nomor 45 Tahun 2009.

Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman menjadi orang pertama yang mengumumkan bahwa penenggalaman kapal pencuri ikan tidak perlu lagi dilakukan.

Hal itu diungkapkan usai menggelar rapat awal tahun bersama para menteri di bawah koordinasinya, salah satunya adalah Susi Pudjiastuti.

Wacana penghentian penenggelaman kapal pencuri ikan ini menuai pro dan kontra serta menjadi buah bibir yang terus dibicarakan oleh masyarakat, banyak yang mendukung kebijakan tersebut tetap dilakukan dan tidak sedikit juga yang setuju untuk dihentikan.

Bahkan, perdebatan itu pun membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara. Penasaran apa yang dilontarkan orang nomor satu di Indonesia ini?

Berikut selengkapnya: (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed