Follow detikFinance
Jumat, 12 Jan 2018 21:30 WIB

Dukung Produksi Garam, Kemenhub Kembangkan Pelabuhan di NTT

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Wikha Setiawan Foto: Wikha Setiawan
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengembangkan pelabuhan di kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT). Langkah ini untuk mendukung produksi garam di NTT

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan, Direktur Kepelabuhan Chandra Irawan serta perusahaan garam

"Ada beberapa pengusaha garam di (Pulau) Timor yang butuhkan pelabuhan, kita menerima catatan dari mereka kurang pelabuhan. Kurang besar dan terlalu jauh," papar dia di Kemenko Kemaritman, Jumat (12/1/2018).


Budi menjelaskan, Kemenhub menginventarisasi kapasitas produksi garam di NTT. Kapasitas produksi ini kemudian disesuaikan dengan kapasitas pelabuhan yang ada.

"Oleh karenanya kita akan inventarisasi berapa kapasitas mereka di mana lokasi mereka, terus kita akan matching dengan pelabuhan-pelabuhan yang ada. Kalau ada pelabuhan yang dekat maka kita akan kerjasamakan sama mereka untuk dibangun kalau kurang besar," ujarnya.

Budi menjelaskan pembicaraan mengenai garam akan dilanjutkan pekan depan dengan laporan mengenai tanah mana yang akan dijadikan pelabuhan.

"Kita akan ketemu lagi untuk yang garam minggu depan, ketemu lagi. Yang tanah prosesnya sedang jalan kalau detail tanya dirjen," katanya.


Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sofyan Djalil menambahkan, perkembangan lahan garam di NTT terbilang baik dan menunjukan kemampuan yang cukup pesat. Sehingga diharapkan target swasembada garam di 2020 bisa tercapai.

"Kelihatannya cukup menggembirakan dari berbagai perusahaan yang sudah investasi di Malaka, di TTU (Timor Tengah Utara), TTS (Timor Tengah Selatan) kemudian yang di Rote kelihatannya cukup meyakinkan. Sehingga kita yakin kalau diikuti terus begini mudah-mudahan bisa tercapai targetnya," kata Sofyan di Kemenko Kemaritiman.

Bahkan beberapa perusahaan garam yang beroperasi di NTT sudah mendirikan pabrik pengolahan garam. "Iya bahkan sudah maju mereka, sudah bikin pabrik," tutur Sofyan. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed