Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 20 Mar 2018 12:31 WIB

Mau Ikut Buka 212 Mart? Begini Caranya

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - 212 Mart yang dinaungi Koperasi Syariah 212 dan lahir dari aksi damai 2 Desember 2016 memberi peluang bagi siapa saja untuk berbisnis ritel berbasis syariah, yaitu melalui franchise alias waralaba. Bagaimana caranya?

"Pertama tidak bisa pribadi ya, tidak bisa 1-2 orang, tapi basisnya harus komunitas. Kemudian kedua harus jadi anggota kita dulu, jadi anggota koperasi dulu mendaftar secara online di www.koperasisyariah212.co.id," kata Sekretaris Umum Koperasi Syariah 212, Irfan Syauqi Beik kepada detikFinance, Senin (19/3/2018).

"Kemudian ajukan proposalnya karena kita ada beberapa tipe dari 212 Mart, tergantung size atau ukurannya. Saya kira di mana-mana ada tipe-tipenya. Nanti ada harga-harganya. Nanti kita sepakati saja mau tipe yang mana," sambungnya.

Jumlah minimal anggota yang tergabung untuk bisa mendirikan franchise 212 Mart adalah berjumlah 100 orang, dan boleh lebih dari itu.

"Berikutnya karena kita aspek kebersamaan, keberjamaahan menjadi penting. Kemudian setiap pendirian gerai 212 Mart ini, itu harus diinisasi dan dikelola oleh komunitas Koperasi Syariah 212 yang didirikan minimal 100 orang anggota," sebutnya.


Tiap franchise harus beranggotakan 100 orang. Hal itu bertujuan untuk mengendapkan berjamaah alias bekerja sama dalam berbisnis. Tentunya untuk mewujudkan hal positif.

"Nanti mereka jadi investor sekaligus jadi konsumennya. Artinya semua kebutuhan mereka paling tidak gerai 212 Mart memiliki captive market yang jelas. Tentu disamping masyarakat yang lain juga kita ajak untuk belanja di 212 Mart. Jadi itu yang kita kembangkan. 212 Mart itu kita kembangkan secara berjamaah," terangnya.

Lalu menurut di modalnya sendiri minimal adalah Rp 300 juta. Tapi angka ini sangat relatif. Tergantung faktor-faktor lain yang menentukan.

"Ya Rp 300 juta juga bisa. Itu yang standar," tambahnya.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed