Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Agu 2018 13:26 WIB

Rini Diminta Bikin Larangan Direksi dan Komisaris BUMN Jadi Tim Sukses

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu meminta Menteri BUMN Rini Soemarno membuat ketentuan yang tegas supaya direksi dan komisaris BUMN tidak menjadi tim sukses. Hal itu untuk menjaga netralitas BUMN.

"Kalau mau menjaga netralitas, yang tegas kepada BUMN. Surat edaran aja ke suluruh direksi," kata dia kepada detikFinance di Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Said menerangkan, berdasarkan Undang-undang (UU) Pemilu pejabat negara dilarang menjadi tim sukses. Sementara, dalam UU Tindak Pidana Korupsi, direksi dan komisaris BUMN termasuk pejabat negara.

Berlandaskan payung hukum tersebut, Said mengatakan, direksi dan komisaris BUMN dilarang menjadi tim sukses.

"Sehingga saya saat itu dengan Bawaslu memakai dasar hukum itu seluruh komisaris, direksi dan karyawan BUMN tidak boleh jadi tim sukses," ujarnya.



Dia bercerita, saat berada di kementerian memberikan opsi kepada direksi dan komisaris yang menjadi tim sukses. Opsi itu ialah tetap mempertahankan jabatan di BUMN dan tidak menjadi tim sukses, atau menjadi tim sukses tapi mundur dari jabatan di BUMN.

Bukan hanya itu, Said bahkan melarang kegiatan berbau politik yang menggunakan aset-aset BUMN.

"Kalau saya agak keras, semua fasilitas BUMN tidak boleh digunakan untuk kampanye politik, termasuk pintu jalan tol. Menempel peralatan kampanye di pohon kelapa sawit, di tiang listrik, pintu tol saya larang. Apalagi meminjam fasilitas BUMN untuk kampanye, saya larang," jelasnya.

Sebagai tambahan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan calon wakil presiden Ma'aruf Amin untuk Pilpres 2019. Kubu lain, Prabowo Subianto juga telah mengumumkan Sandiaga Uno sebagai pasangannya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed