Follow detikFinance
Kamis, 08 Nov 2018 17:07 WIB

Jack Ma: Perang Dagang China-AS Itu Stupid!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta -
Bos e-commerce di China, Jack Ma mengaku sangat benci dengan perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Mengutip CNN Business, dia mengungkapkan jika ketegangan dagang antara kedua negara itu adalah hal yang tidak baik. "Perang dagang adalah sesuatu yang sangat bodoh di dunia ini," kata Jack Ma dilansir dari CNN Kamis (8/11/2018).

Menurut Ma, perang dagang ini merupakan duri dalam daging untuk perdagangan internasional. Memang perang dagang ini terjadi sejak pemerintah AS menuduh China mencuri kekayaan intelektual sebuah perusahaan AS. Selain itu defisit neraca perdagangan hingga US$ 375 miliar juga menjadi alasan ketegangan ini.
Ma menyampaikan untuk mencapai tujuan perdagangan yang harmonis. Seharusnya kedua negara mendorong perdamaian dan komunikasi yang baik dan aksi proteksionisme adalah langkah yang salah. "Tak ada yang bisa menghentikan perdagangan bebas," imbuh dia.

Investor dari seluruh dunia mengharapkan pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden SA Xi Jinping di KTT 20 Argentina ini akan meredakan tensi tinggi perdagangan dua negara besar ini.

Jack Ma menyampaikan, perang dagang tersebut turut mempengaruhi bisnis Alibaba. Memang belum lama ini Ma bertemu dengan Trump di New York, kemudian Trump berjanji akan menciptakan satu juta lapangan pekerjaan baru di AS dan akan memudahkan penjualan produk AS ke China dan negara lain di Asia.
"Situasi perang dagang ini rasanya tidak bisa membuktikan janji-janji itu," imbuh dia.
(kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed