Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 15 Mei 2019 11:52 WIB

Impor Daging Beku hingga Apel Naik saat Ramadhan

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Nilai impor Indonesia pada April 2019 tercatat US$ 15,10 miliar. Berdasarkan golongan barang, secara tahunan impor bahan konsumsi, bahan baku penolong dan barang modal turun namun secara bulanan mengalami kenaikan.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan pola ini memang lazim terjadi menjelang Ramadhan. Secara bulanan, impor bahan konsumsi naik 24,12%.

"Konsumsi month to month meningkat 24,12%. Pertama yang besar adalah daging frozen itu berasal dari India dan AS. Ada peningkatan di Apel segar, buah pir kemudian juga ada beberapa barang konsumsi yang tergolong running athletics shoes," kata Suhariyanto di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019).


Selanjutnya, impor bahan baku naik 12,09% secara bulanan di antaranya barang kimia dan bahan pakan ternak. Kemudian impor barang modal dibandingkan bulan sebelumnya juga naik 6,78% di antaranya tanker dan mesin.

"Barang modal mtm naik 6,78%, di sana yang naik tanker, beberapa bagian dari mesin dan aeroplane dan cargo ship," ujar Suhariyanto.


Berdasarkan HS dua digit, komoditas yang mengalami kenaikan adalah mesin dan peralatan listrik diikuti kapal laut, pupuk hingga plastik. Sedangkan yang turun adalah serealia, gula dan kembang gula dan bubur kayu.

Impor barang dari China tercatat mengalami peningkatan diikuti Australia dan Kanada. Sedangkan yang turun dari Thailand dan Argentina.


Simak Juga Video Terbaru Topreneur di 20detik:

[Gambas:Video 20detik]


Impor Daging Beku hingga Apel Naik saat Ramadhan
(ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed