Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 23 Des 2010 12:53 WIB

Bulog: Rakyat Indonesia Konsumsi Beras 3 Juta Ton/Bulan

- detikFinance
Jakarta - Konsumsi beras masyarakat Indonesia per bulan mencapai 3 juta ton. Besaran ini membuat Perum Bulog harus selalu menjaga pasokan beras nasional sehingga bisa menekan kenaikan harga.

Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso mengatakan, sampai saat ini Bulog telah mengimpor 1,23 juta ton beras dari Vietnam dan Thailand.

"Total konsumsi beras nasional adalah 3 juta per bulan. Kita sampai saat ini telah mengimpor 1,33 juta ton beras dari Vietnam dan Thailand," kata Sutarto dalam kunjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Kamis (23/12/2010).

Sampai saat ini, jumlah impor beras yang dilakukan Bulog dari Vietnam berjumlah 800 ribu ton dan sudah masuk 450 ribu ton. "Kalau dari Thailand mulai masuk, terakhir saya baru menandatangani 250 ribu ton dari Vietnam," jelas Sutarto.

Dikatakan Sutarto, di Desember ini akan masuk musim paceklik dan harga bisa melambung tinggi. Konsumsi masyarakat juga akan naik 10% menjelang hari raya natal dan tahun baru.

"Bulog melakukan operasi pasar dengan menjual beras Rp 5.600/kg, sementara beras di Cipinang dijual Rp 5.825-5.950 per kg. Sejak ada operasi pasar 3 hari yang lalu, harga bisa ditekan Rp 300-400 per kg," ujar Sutarto.

(dnl/qom)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed