Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 25 Jul 2011 18:40 WIB

Investasi Google di RI Lebih Tinggi Ketimbang Negeri Jiran

- detikFinance
Jakarta - Google Inc akan melakukan investasi yang lebih besar ketimbang di Indonesia ketimbang Singapura, Malaysia, dan Thailand. Meski demikian, total investasi yang akan dikeluarkan belum bisa dipastikan.

"Kalau dari kalkulasi mereka, mereka akan investasi lebih besar daripada negara-negara tersebut. Saya tidak tahu itu US$ 100, 200 atau 1.000 juta, tapi yang jelas mereka akan investasi lebih besar," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan ketika ditemui di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (27/7/2011).

Dengan adanya investasi Google itu, Gita meyakini, akan membawa banyak keuntungan yang akan didapat oleh Indonesia. Gita menjelaskan, investasi dari Google akan menarik investasi dari pihak-pihak lain.

"Dampaknya untuk branding dan sinyal positif untuk investor lainnya di seluruh dunia, bahwa Google saja percaya dengan pasar Indonesia," imbuhnya.

Gita menjelaskan, ada beberapa kendala yang mereka inginkan untuk merealisasikan investasi di Indonesia, salah satunya pemasukan dari iklan (advertising revenue).

"Saya sudah bertemu Eric (eks CEO Google), mereka menyatakan minat investasi di Indonesia. Tentunya mereka menginkan ada beberapa hal yang harus diklarifikasi. pertama kepentingan advertising revenue," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Investasi Deregulasi BKPM, Indra Darmawan menambahkan, kendala lain yang diminta pihak Google sebelum melakukan investasi di Indonesia adalah tersedianya jaminan keamanan untuk pusat data.

"Kita masih belum dapat arahan dari Kominfo mengenai data centre. Dia ingin dapat jaminan data centre itu aman, keamanan data," tambahnya.


(ade/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed