Follow detikFinance
Jumat 27 Jan 2012, 15:00 WIB

Agus Marto Siapkan Rp 1,2 Triliun untuk Bangun MRT di 2012

- detikFinance
Agus Marto Siapkan Rp 1,2 Triliun untuk Bangun MRT di 2012
Jakarta - Dana pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta yang melalui pemerintah pusat tahun ini disiapkan Rp 1,2 triliun. Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengingatkan agar dana sebesar itu segera digunakan untuk proyek tersebut.

\\\"Tadi kita ingatkan untuk tahun 2012 untuk MRT itu ada dana Rp 1,2 triliun jadi itu harus bisa terwujud,\\\" kata Agus di kantornya, Jakarta, Jumat (27\/1\/2012)

Agus hari ini melaporkan perkembangan terbaru soal proyek MRT kepada Wapres Boediono. Menurut Agus dari anggaran yang disediakan pemerintah pusat di 2011 lewat APBN yang berasal dari utang dari JICA dan hibah sekitar Rp 500 milliar ternyata serapannya sangat minim.

\\\"Ternyata realisasai hanya bisa Rp 7 milliar. Jadi kesiapan di lapangan sudah baik tapi mungkin karena masalah ruislag, masalah pembebasan lahan dan juga bentuk-bentuk koordinasi yang lain jadi terhambat,\\\" katanya.

Dihimpun dari berbagai sumber, selama ini payung hukum soal proyek MRT antaralain Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2008 tentang Pendirian PT MRT Jakarta dan Perda Nomor 4 Tahun 2008 tentang Penyertaan Modal ke PT MRT Jakarta. Dalam aturan itu operator MRT adalah PT MRT Jakarta yang berfungsi sebagai pihak yang membangun, mengoperasikan, dan memelihara MRT.

Selain itu ada Perda No.4 Tahun 2008 mengatur penggunaan permodalan yang dipinjamkan JICA, yaitu menerima setoran modal dari Pemprov DKI sebesar 42% dari total pinjaman dari JICA, dan pinjaman pemerintah pusat 58% dari total pinjaman yang diteruskan ke Pemprov DKI lalu oleh Pemprov DKI ke PT MRT.

Total dana yang dibutuhkan untuk proyek MRT tahap I sebesar Rp 15 triliun. Dana pinjaman itu harus dikembalikan dengan bunga 0,2% dan 0,4% dengan jangka waktu pengembalian 30 tahun plus 10 tahun.

Jaringan MRT Jakarta ada dua, antaralain koridor satu Lebak Bulus hingga Kampung Bandan. Koridor dua dengan jalur Timur ke Barat, mulai dari Balaraja hingga Cikarang.

Proyek MRT tahap I antara lain Lebak Bulus-Bundaran HI diantaranya sebanyak tujuh stasiun berada di permukaan tanah yakni Lebakbulus, Fatmawati, Cipete Raya, H Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sisanya, enam stasiun di bawah tanah atau subway terletak di Masjid Al-Azhar, Istora Senayan, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI.
(hen/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed