Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Mei 2012 12:02 WIB

Wah, Orang Spanyol Demo Telanjang Tolak Penghematan Anggaran

- detikFinance
Madrid - Puluhan ribu orang di jalanan Madrid berdemo telanjang bulat menolak program penghematan dan pemerintahan Spanyol. Pemerintah Spanyol memangkas anggaran miliaran dolar agar defisit tidak melonjak.

Dikutip dari Reuters, Selasa (15/5/2012), para pendemo yang rata-rata adalah kaum pria ini melepaskan pakaiannya di tengah jalan dan membawa spanduk bertuliskan menentang pemotongan anggaran.

Para demonstran memprotes kembalinya pemerintahan konservatif sejak Desember 2011. Krisis ekonomi Spanyol juga memburuk dan kembali jatuh ke resesi. Nilai pengangguran melonjak hingga 24% dan lebih dari 50% di bawah usia 25 tahun. Pemerintah sudah memangkas miliaran dolar lewat program penghematan dan menaikkan pajak demi mengurangi defisit budget.

Sekitar 30,000 orang ikut dalam protes massal tersebut dan 18 di antaranya ditahan karena menolak saat ingin ditangkap atau berperilaku tidak tertib. Minggu subuh, demonstran masih bersuara lantang dan bersemangat ketika sejumlah besar polisi mangkal di dekat gedung pemerintahan dan pinggir jalan mengawasi dan membiarkan mereka beraksi.

Tidak hanya di Madrid, demonstran juga turun ke jalanan-jalanan Barcelona dan 80 kota lainnya di seluruh Spanyol. Ada sekitar 22,000 demonstran beraksi di Barcelona, 8,000 orang di Valencia dan 2,000 orang di Seville. Menurut Menteri Dalam Negeri, seluruh demonstran 'disapu bersih' pada Minggu pagi.

Demo ini terkoordinasi yang menandai kembalinya 'indignados' atau 'mereka yang marah'. Dengan nama indignados lah para demonstran itu dikenal. Mereka yang pertama kali memimpin gerakan akar rumput signifikan dan serius menentang pemangkasan anggaran pemerintah dan program penghematan.


(dnl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed