5 Rahasia Sukses 'Menyehatkan' Kembali Kantong Anda

- detikFinance
Kamis, 19 Jul 2012 09:55 WIB
5 Rahasia Sukses Menyehatkan Kembali Kantong Anda

Begitu Anda membagi portfolio ke kelas-kelas aset (lalu dibagi lebih kecil lagi di antara pilihan investasi terbaik di antara aset-aset tersebut), Anda harus melakukan yang terbaik yaitu meninggalkannya. Tidak dalam investasi tertentu, tapi pastinya dalam aset.

Anda harus mengatasi ketakutan dan keserakahan supaya tidak mudah panik menjual saat anjlok atau tergoda membeli saat harganya tinggi. Ada beberapa kesalahan berulang yang dibuat investor ritel dan mengapa imbal hasil mereka kerap biasa-biasa saja.

Kedisiplinan psikologis investor yang mengagumkan menjelaskan kenapa pertimbangan investor kerap dibayangi oleh misalnya keangkuhan. Kita mempertahankan saham itu lebih lama daripada yang seharusnya kita harapkan terbukti benar.

Waspadalah dengan bias yang juga menyebabkan kita lebih fokus pada performa masa lalu daripada tren dan imbal hasil jangka panjang. Bahkan volatilitas magnitude yang kita lihat akhir-akhir ini akan terlihat relatif kecil jika Anda membuat chart performa pasar jangka panjang.