Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Mar 2014 19:44 WIB

Penumpang Citilink Kini Bisa Check In Pakai Hape

- detikFinance
Jakarta - Maskapai penerbangan berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC), Citilink menggandeng perusahaan telekomunikasi dan teknologi dunia yakni Nokia dan Microsoft. Kerjasama ini untuk mengembangkan layanan self check in melalui mobile Apps.

Dengan kerjasama ini, pemegang tiket Citilink bisa melakukan check in memakai mobile Apps Windows Phone Nokia Lumia atau perangkat lain berbasis Windows Phone 7 dan Windows Phone 8.

"Secara bertahap kemudahan pelayanan akan kami perluas di semua kota yang menjadi destinasi Citilink. Begitu juga dengan layanan berbasis teknologi mobile guna memenuhi tuntutan konsumen akan kepraktisan,” kata Direktur Proyek Komersial Citilink Hans Nugroho dalam siaran pers seperti dikutip Kamis (27/3/2014).

Kerjasama antara Citilink dengan Nokia juga memberikan sejumlah kemudahan bagi para pemilik handphone Nokia Lumia dan tentunya calon penumpang Citilink. Kemudahan tersebut antara lain pemesanan tiket, melihat jadwal penerbangan, mobile check in, dan berbagai informasi terbaru dari Citilink.

Citilink juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan pengusung teknologi mobile seperti Apple, BlackBerry dan smartphone alias ponsel pintar lain berbasis android serta Windows Phone 7 dan 8.

Pada kesempatan itu, Hans juga menjelaskan Citilink telah menempatkan 6 unit mesin self check in (check in mandiri) di 2 bandara di Jakarta dan Surabaya.

Untuk Jakarta, fasilitas mesin self check di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng sebanyak 3 unit dan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta sebanyak 1 unit. Sedangkan pada Bandara Juanda, Surabaya terdapat 2 unit fasilitas tersebut.

Bandara yang menjadi target penempatan mesin self check in lainnya adalah bandara Kuala Namu di Medan sebanyak dua unit, Bandara Sepinggan di Balikpapan sebanyak 1 unit, Bandara Hang Nadim di Batam sebanyak 1 unit, Bandara Minangkabau di Padang sebanyak 1 unit, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar sebanyak 1 unit dan Bandara Adisucipto di Yogyakarta sebanyak 1 unit.

"Dengan layanan check in mandiri penumpang tidak perlu antri berlama-lama sekaligus menghemat waktu yang ada," kata Hans.



(feb/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com