Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Apr 2014 10:16 WIB

Biaya Bikin Bandara Kebun Binatang di Jambi Rp 400 Miliar

- detikFinance
Foto: Konsep Bandara Kebun Binatang (Ayunda-detikFinance) Foto: Konsep Bandara Kebun Binatang (Ayunda-detikFinance)
Jambi - PT Angkasa Pura II akan membangun bandara berkonsep kebun binatang (zoo airport), sebagai pengembangan Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (DJB) di Jambi. Bandara ini memakan biaya Rp 400 miliar.

General Manager Bandara Sultan Thaha Syaifuddin yaitu Dorma Manalu mengatakan, konstruksi terminal baru sekaligus menjadikan bandara itu berkonsep kebun binatang sudah dilakukan.

"Konstruksi sudah, tapi yang mau dibangun itu kan interior untuk image airport semisal penataannya itu belum," ujar Dorma di bandara tersebut, Jambi, Selasa (22/4/2014).

Terminal yang baru nanti akan memiliki kapasitas apron untuk 8 pesawat dengan luas 55.790 meter persegi. Sedangkan terminal lama memiliki kapasitas 5 pesawat dengan luas 20.368 meter persegi.

"Untuk terminal lama, Dorma mengatakan, akan tetap dipakai untuk kegiatan haji atau umroh," jelas Dorma.

Rencananya terminal baru dan bandara berkonsep kebun binatang ini akan diluncurkan pada 1 November 2014. "Sampai semua selesai memakan sekitar Rp 400-an miliar," imbuh Dorma.

Untuk kebun binatangnya, saat ini sudah ada kebun binatang yang sudah jadi. Terminal baru ini akan memiliki 1 landasan dan 2 taxiway, dan ditargetkan bisa menampung 1 juta hingga 1,5 juta penumpang per tahun.

Alasan penambahan kapasitas ini adalah, karena jumlah penumpang di bandara tersebut mencapai 1,3 juta pada tahun lalu. Maskapai penerbangan juga makin banyak, antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Susi Air, Citilink, dan Sriwijaya.

Tiap hari jadwalnya akan ada 13 pesawat yang datang dan 13 pesawat yang pergi dari bandara tersebut. "Garuda 3 kali sehari, Lion 6 kali sehari, Sriwijaya 3 kali sehari, dan Citilink 1 kali sehari," jelas Dorma.

Bandara ini, ditargetkan bakal digunakan 5 juta penumpang pada 2017 atau 2018 nanti.



(dnl/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com