Follow detikFinance
Rabu 15 Jul 2015, 15:27 WIB

Bekasi, Depok, Hingga Tangerang Belum Ada 'Mimpi' Bangun Angkutan Massal

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Bekasi, Depok, Hingga Tangerang Belum Ada Mimpi Bangun Angkutan Massal
Jakarta - Pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengakui pemerintah daerah di pinggir Jakarta seperti Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, bahkan Bogor belum punya rencana pembangunan moda transportasi massal berbasis rel.

Inisiasi justru datang dari swasta atau BUMN seperti PT Adhi Karya Tbk (ADHI). Adhi Karya berencana mengembangkan Light Rail Transit (LRT), rute Bekasi Timur (pinggir Jakarta) ke Cawang kemudian ke Dukuh Atas (pusat kota Jakarta).

"Kota Sub Urban Jakarta belum ada yang bergerak untuk mengembangkan angkutan kereta api. Namun ada beberapa badan usaha yang bergerak membangun jalur kereta api. Kayak Adhi Karya yang membangun LRT dari Cibubur dan Bekasi Timur sampai Jakarta," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Sugiadi Waluyo kepada detikFinance Rabu (15/7/2015).

Kemenhub menyebut pengembangan moda transportasi perkotaan di dalam kota atau kabupaten menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah. Meski demikian, Kemenhub sebagai regulator siap membantu memberikan bimbingan teknis kepada daerah seperti, Pemda di wilayah Sub Urban Jakarta.

"Kalau mereka diskusi masalah teknis, kita akan bantu sepenuhnya. Kalau butuh dukungan pendanaan, kita koordinasi dengan Kemenkeu dan Bappenas karena Kemenhub masalah teknis saja," ujarnya.

Namun Sugiadi mengakui pernah ada rencana pemerintah daerah di pinggir Jakarta untuk membangun monorel sepanjang 37 km, dari kawasan Serpong, Tangerang Selatan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Namun rencana ini belum sampai ke tahap eksekusi.

"Pernah ada rencana itu, tapi belum pernah diajukan ke kita," ujarnya.

(feb/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed