Follow detikFinance
Kamis 05 Nov 2015, 18:45 WIB

Kades Hingga DPRD Batu Dukung Wali Kota Kembalikan Dana Desa

Muhammad Aminudin - detikFinance
Kades Hingga DPRD Batu Dukung Wali Kota Kembalikan Dana Desa
Batu -

Pemerintah Kota Batu, Malang, Jawa Timur memutuskan akan mengembalikan kucuran dana desa mandiri ke pemerintah pusat. Kebijakan ini sudah di musyawarahkan dengan pemerintah desa hingga DPRD tingkat II.

"Tidak mungkin kami membuat kebijakan sendiri. Melainkan sudah kami koordinasikan dengan kades serta DPRD dan semuanya sepakat," kata Wali Kota Batu Eddy Rumpoko kepada detikFinance, Kamis (5/11/2015).

Menurutnya kesepakatan dari berbagai pihak karena melihat kemampuan APBD Kota Batu yang selama ini sudah begitu banyak memprioritaskan pembangunan ke desa-desa.

"Kami melihat kemampuan APBD kita, untuk membuat program-program pembangunan desa, peningkatan insfratruktur yang kesemuanya banyak di pedesaan," tutur politisi dari PDI Perjuangan ini.

Eddy mengaku, prioritas pembangunan pedesaan sudah berjalan selama dirinya menjabat sebagai Wali kota Batu, sudah masuk dua periode ini. Setiap tahun, Anggaran Dana Desa (ADD) untuk setiap desa sebesar Rp 600 sampai 700 juta.

"Itu setiap tahun dari APBD berupa ADD," akunya.

Menyangkut pengembalian anggaran desa mandiri kepada pemerintah pusat. Eddy Rumpoko tegas menyampaikan bukan sebagai sikap penolakan, melainkan kesadaran Pemkot Batu akan kemampuan APBD-nya.

"Kami bukan menolak, tetapi anggaran untuk desa dari APBD sudah cukup dan akan berpeluang terus ditambah," tegasnya.

Sebelumnya Eddy langsung menemui Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro untuk menyampaikan pengembalian anggaran yang sudah ditransfer ke kas daerah sebesar Rp 5,3 miliar untuk tahap pertama dana desa.

"Nanti, dana desa yang sudah terlanjur ditransfer ke kas daerah, akan dikembalikan ke pusat," jelasnya sambil menyebut nilai transfer dana desa periode I sebesar Rp 5,3 miliar yang diperuntukkan untuk 19 desa.

(hen/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed