Follow detikFinance
Kamis 05 Nov 2015, 19:54 WIB

Cerita di Balik Wali Kota Batu yang Berani Kembalikan Dana Desa

Muhammad Aminudin - detikFinance
Cerita di Balik Wali Kota Batu yang Berani Kembalikan Dana Desa
Batu - Rencana pengembalian anggaran desa mandiri oleh Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur dipandang wajar. Perkembangan produksi pertanian serta pariwisata wilayah Batu cukup berkembang pesat hingga mendorong ekonomi desa.

Sejak dipimpin Eddy Rumpoko, Kota Batu kini dikenal sebagai kota tujuan wisata. Beragam destinasi wisata akan banyak ditemui di kota berada di kaki Gunung Arjuna itu.

Perkembangan pariwisata disertai sektor pertanian mendulang Pendapatan Asli Daerah (PAD) cukup luar biasa. Setiap tahun, PAD naik sampai 30 persen. Peningkatan PAD ini secara otomatis mendongkrak APBD hingga plafon anggaran bagi desa mempunyai porsi cukup besar.

"PAD kami meningkat 30 persen setiap tahun hasil dari pertumbuhan sektor pertanian dan pariwisata," kata Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, Kamis (5/11/2015).

Sejak awal kepemimpinannya, Eddy langsung menata konsep pariwisata dan pertanian sebagai komoditas daerah. Upaya tersebut membuahkan hasil sehingga 19 desa di wilayah Kota Batu turut berkembang.

"Perkembangan pariwisata membawa dampak kepada masyarakat. Kami (Pemda) terus berupaya meningkatkan dengan memberikan ADD (Anggaran Dana Desa) sebagai pendukung program dan kegiatan di desa," tutur Eddy panjang lebar.

Ia menyebut, potensi pariwisata yang ada di pedesaan kini sudah mulai dimaksimalkan. Contohnya, wisata petik apel, wisata alam, serta untuk sektor pertanian dengan pengembangan pertanian organik.

"Semua sudah berjalan investasi pun mengikuti. Kemandirian desa semakin bisa cepat terwujud. Masyarakat akan menikmati hasil dari kekayaan potensi di daerahnya," sebutnya.

Pemerintah dibawah kepemimpinannya terus melakukan dukungan dengan semua program pembangunan, pemberdayaan masyarakat lebih diprioritaskan di pedesaan.

"Mulai dari pendidikan, sosial, irigasi, infrastruktur, sampai pemberian insentif dan permodalan kepada masyarakat," ujarnya.



(hen/hen)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed