Follow detikFinance
Rabu 06 Jan 2016, 15:12 WIB

Pemkot Bandung Siapkan Infrastruktur Penunjang Kereta Cepat

Avitia Nurmatari - detikFinance
Pemkot Bandung Siapkan Infrastruktur Penunjang Kereta Cepat
Bandung - Kota Bandung bersiap menyediakan infrastruktur penunjang untuk menyambut kehadiran Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. Salah satu proyek besarnya yakni Light Rail Transit (LRT) sebagai penjemput para penumpang menuju Kota Bandung.

Dalam rapat kabinet terkait Kereta Api Cepat di Kantor Presiden, Senin (4/1/2016) lalu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat Perpres agar LRT digabungkan dengan megaproyek tersebut. Sehingga proyek transportasi massal modern tersebut bisa dikerjakan tanpa lelang oleh investor kereta cepat.

"Makanya di Perpres kami meminta agar Monorel Bandung Raya diikutsertakan dikerjakan tanpa lelang oleh investor kereta cepat. Tahap satu yang LRT Bandung, setelah LRT nanti LRT Bandung Raya, dikerjakan oleh konsorsium yang sama. Sehingga nanti terkonek satu sama lain. Keren," ujar pria yang akrab disapa Emil itu di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (6/1/2016).

Saat ini, lanjut Emil, Kota Bandung sedang mempersiapkan Amdal terkait LRT tersebut. "Sedang dikaji Amdal termasuk dampak sosialnya seperti apa," ucap Emil.

Pihaknya juga sedang mempersiapkan fasilitas penunjang untuk penumpang kereta cepat menuju Kota Bandung. Emil menilai, fasilitas penunjang akan mudah dihadirkan jika nantinya Kereta Cepat dan LRT sudah terbangun.

"Jadi nanti di setiap pemberhentian apakah ada terminal angkot kecil atau bus kecil, masalah itu gampang. PR yang tidak lebih susah daripada menghadirkan LRT itu sendiri. Nanti disesuaikan," tandasnya.

Di tempat yang sama Kepala Bappeda Kota Bandung Kamalia Purbani mengatakan, yang saat ini paling memungkinkan untuk menjadi transportasi pendukung kereta api cepat adalah LRT.

"Sementara ini yang sudah fix LRT. Untuk moda lain belum. Kalo taksi bisa jadi. Hanya masalahnya kan ini melalui tol, stasiunnya itu kan di Tegaluar, Kabupaten Bandung," jelasnya.

Jika Perpres menyetujui, LRT yang akan dibangun yakni LRT Koridor II, melalui Kebon Kopi, Bundaran Rajawali, Jalan Elang, Husein Sastranegara, Istana Plaza, Kebon Kawung, Purnawarman, Banda, Citarum, Taman Pramuka, Stadion Persib, Jalan Jakarta, Terminal Antapani, Parakan Saat, Gedebage.

(avi/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed