Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 25 Mar 2016 18:15 WIB

Long Weekend, Penjualan Tiket Pesawat ke Rute Ini Jadi Primadona

Cindy Audilla - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Penjualan tiket pesawat untuk hari libur panjang saat ini mengalami peningkatan. Beberapa rute domestik dan internasional menjadi incaran para traveller lokal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pauline Suharno, Ketua Bidang Ticketing Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo).

"Ada peningkatan, penuh untuk tujuan domestik seperti Belitung, Bali, Yogyakarta. Untuk destinasi luar negeri seperti Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Jepang itu juga penuh," ujar Pauline kepada detikFinance, Jumat (25/3/2016).

Meskipun terjadi peningkatan penjualan tiket pesawat untuk hari libur panjang, Pauline mengatakan tidak ada kenaikan harga tiket.

"Sebenarnya tidak ada kenaikan harga pesawat. Cuman kan kalau untuk liburan seperti ini setiap maskapai memang biasanya mengalokasikan tiket pesawat sekian persen untuk harga murah dan sekian persen untuk harga mahal," katanya.

Harga tiket mahal maupun murah tergantung waktu pemesanan atau pembelian tiketnya. Kalau membeli jauh-jauh hari sebelum liburan panjang, calon penumpang akan mendapatkan tiket dengan harga yang murah. Namun, kalau membeli last minute atau mendekati jadwal keberangkatan akan mendapatkan tiket dengan harga yang lebih mahal.

Harga murah dan mahalnya pun tergantung dari destinasi perjalanannya. Pauline menambahkan, biasanya setiap maskapai penerbangan telah menentukan batas atas dan batas bawah untuk harga tiketnya.

"Jadi kalau mereka (calon penumpang) memesan ya dari jauh-jauh hari ya bisa dapat harga batas bawah. Tapi kalau pesan tiket pesawatnya dalam waktu yang mepet ya terpaksa dapat harga batas atas," jelasnya.

Saat ini, menurutnya, Bali masih menjadi tujuan wisata terfavorit bagi wisatawan domestik.

Pauline menambahkan, ternyata nilai dollar Amerika Serikat (AS) yang sedang mengalami penurunan saat ini turut berdampak terhadap minat wisatawan yang ingin berlibur ke luar negeri.

"Banyak, dollar turun ada banyak yang pesan tiket ke luar negeri. Singapura dan Hong Kong paling banyak," pungkasnya. (feb/feb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com