Follow detikFinance
Kamis, 07 Apr 2016 15:05 WIB

Hambatan Pengusaha: Gerakan Buruh, Infrastruktur, dan Bahan Baku

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Dunia usaha di Indonesia masih menghadapi sejumlah hambatan hingga saat ini. Setidaknya ada 3 hambatan yang dihadapi, mulai dari gelombang gerakan buruh, kesiapan infrastruktur, hingga ketersediaan bahan baku.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani, ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

"Masih banyak ya (hambatan industri). Kawasan Industri juga sepertinya belum maksimal. Yang masuk kawasan industri malah bermasalah," ujar Hariyadi.

Hambatan pertama adalah gelombang gerakan buruh. Lalu kesiapan infrastruktur.

"Misalnya di Bekasi, kita produksi barang di sana tapi keluarinnya susah. Mau ke airport itu sulit sekali karena infrastrukturnya nggak siap. Kita pernah ada rencana pelabuhan Cilamaya, harusnya itu bisa jadi harapan kita tapi kenyataannya kan malah batal," tutur Hariyadi.

Dia mengatakan, karena infrastruktur tidak siap, maka biaya logistik menjadi tinggi. Ini membuat harga barang buatan dalam negeri menjadi kurang kompetitif.

"Kemudian ada juga hambatan di bahan baku. Bahan baku masih bermasalah. Misalnya kita mulai harus mengadakan bahan baku dari dalam negeri, tapi ini nggak jalan," katanya.

Berbagai hambatan yang ada ini, industri padat karya paling terpukul. Akibatnya industri kita tersalip Vietnam. (wdl/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed