Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Mei 2016 13:11 WIB

PNS Berkinerja Buruk Akan 'Dipecat', Anies: Penilaiannya Harus Objektif

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA PNS Malas 'Dipecat'
Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berencana akan merampingkan postur Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dianggap tidak memiliki kinerja dan kompetensi yang baik.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, pemangkasan jumlah PNS yang berkinerja dan berkompetensi buruk harus dilakukan dengan alat ukur yang objektif. Penilaian kinerja dan kompetensi PNS juga harus disertai pembinaan ke arah yang lebih baik. Sehingga kompetensi aparatur negara dapat meningkat.

"Selama penilaiannya berdasarkan alat-alat ukur yang objektif dan sifatnya untuk pembinaan dan pengembangan dan selama itu berorientasi kepada ukuran yang baik, kinerja yang baik ya iya," jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan kepada detikFinance di Gedung Thamrin, Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (26/5/2016).

Menurutnya, kompetensi dan kinerja merupakan dua hal yang berbeda. Keduanya dapat terus ditingkatkan dengan berbagai pelatihan di setiap kementerian dan lembaga.

"Ada kompetensi, ada kinerja itu berbeda. Kompetensi didorong untuk naik, kinerja didorong untuk naik dan dua-duanya harus dimunculkan," ujar Anies.

Pihaknya mendukung adanya evaluasi kinerja dan kompetensi di lingkungan PNS untuk dilakukan, namun harus dalam sistem yang baik.

"Selama itu dikerjakan dengan sistem yang baik harusnya iya," tutup Anis. (drk/drk)
FOKUS BERITA PNS Malas 'Dipecat'
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed