Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Mei 2016 18:23 WIB

Amankan Pasokan Puasa dan Lebaran, Impor Daging Tambah Jadi 27.400 Ton

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin harga daging bisa turun hingga Rp 80.000/kg saat memasuki bulan puasa dan Lebaran. Salah satunya dengan mengimpor daging sapi.

Sebelumnya, impor daging sapi yang direncanakan hanya 10.000 ton, namun impor ini ditambah menjadi 27.400 ton. Menteri Perdagangan, Thomas Lembong, mengungkapkan saat ini sudah ada 27.400 ton daging impor yang siap masuk untuk menstabilkan harga sampai selesai Lebaran nanti.

"Sesuai arahan Presiden, target pemerintah menurunkan harga sampai Rp 80.000/kg. Untuk mencapai target tersebut pemerintah akan melakukan penambahan pasokan daging dengan importasi daging sapi. Saat ini sudah terkumpul dari sisi pengadaan dan pemesanan sebanyak 27.400 ton dari berbagai negara," kata Lembong usai rapat koordinasi di kantor Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta, Selasa (31/5/2016)." tambahnya.

Daging sapi tersebut siap masuk saat puasa dan Lebaran, dan diimpor dari BUMN maupun swasta.

"Pemerintah lakukan penugasan Bulog 10.000 ton, Berdikari 5.000 ton, dan kerja sama dengan Darmajaya yang BUMD Pemda DKI ada 500 ton, yang sekarang terealisasi 225 ton. Dan masih ada impor dari swasta yang kami perkirakan akan menambah lagi sekitar 20.000 ton," jelas Lembong.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya, Dirut Bulog Djarot Kusumayakti, dan sejumlah pejabat eselon I dan II kementerian terkait. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed