Follow detikFinance
Kamis 16 Jun 2016, 11:38 WIB

Wawancara Dirjen Perhubungan Laut

Tekan Dwell Time Priok, Dirjen Hubla: Izin Harus Online

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Tekan Dwell Time Priok, Dirjen Hubla: Izin Harus Online Foto: Aktivitas bongkar muat kontainer di Palabuhan Tanjung Priok (Rachman Haryanto/Detik)
Jakarta - Lamanya waktu bongkar muat untuk peti kemas impor atau dwell time di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara belum sesuai dengan target yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu 2 hari.

Masih banyaknya kementerian dan lembaga yang terlibat dalam perizinan impor khususnya di sisi pre customs clearance yang membuat angka dwell time belum beranjak dari angka 3,3 hari. Apalagi, ada izin yang harus diurus langsung memakai dokumen fisik atau masih belum online.

Untuk memangkas dwell time, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai regulator menilai perlu adanya integrasi perizinan dan penerapan izin online sehingga lamanya bongkar muat di Pelabuhan Priok dapat bergerak turun sesuai keinginan Jokowi.

"Kalau namanya instansi (K/L yang terlibat dalam penerbitan izin) nggak bisa dikurangi, cuma sistemnya kan rencana ada single risk management itu yang rencana oleh Menko Perekonomian. Itu nanti kalau udah jalan, merah semua merah," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Tonny Budiono kepada detikFinance di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2016).

Salah satu solusi dalam mencapai target dwell time selama 2 hari adalah menerapkan sistem perizinan secara online melalui Indonesia National Single Window (INSW) dan juga single risk management. Masing-masing sistem pelayanan online ini tengah dikembangkan lebih dalam oleh tim dari Kemenko Perekonomian.

"Kalau saya masing-masing lembaga, karena punya SOP (Standar Operasional Prosedur) sendiri-sendiri. Makanya kan mau dipadukan ada yang namanya INSW, ada yang namanya single risk management itu koordinatornya dari Kemenko Ekonomi," kata Tonny. (feb/feb)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed