Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Jul 2016 11:41 WIB

Sri Mulyani Bisa Jadi Daya Tarik Tax Amnesty

Dewi Rachmat Kusuma - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kebijakan pemerintah terkait pengampunan pajak atau Tax Amnesty telah diberlakukan. Berbagai cara dilakukan pemerintah agar banyak orang mau mendeklarasikan dan mengembalikan (repatriasi) dananya ke dalam negeri.

Sosok Sri Mulyani dinilai punya daya tarik untuk membawa pulang dana-dana orang Indonesia yang ada di luar negeri. Dengan masuknya Sri Mulyani dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan banyak dana Tax Amnesty masuk ke dalam negeri.

Demikian diungkapkan Ekonom Tony Prasetiantono kepada detikFinance, Rabu (27/7/2016).

"Apalagi tax amnesty ini bisa bagus ada Sri Mulyani, dia bisa roadshow, dia darling-nya investor dan pasar, ini menjadi strong poin," ujarnya.

Sri Mulyani secara resmi masuk dalam kabinet pemerintahan Jokowi sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro. Menurut Tony, dengan adanya reshuffle kabinet ini dan menempatkan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan akan mampu menggerakkan perekonomian Indonesia.

"Tujuan reshuffle kan memperbaiki keadaan, nah portofolio Sri Mulyani di perekonomian memang mumpuni, diharapkan bisa menggairahkan ekonomi," ucap Tony.

Selama ini, kata Tony, sosok Sri Mulyani memang ditunggu-tunggu pemerintah. Saat pertama kali Jokowi resmi menyandang Presiden, Sri Mulyani sebenarnya digadang-gadang untuk ditempatkan di menteri di bidang perekonomian, seperti Menteri Keuangan atau Menteri Perekonomian.

Saat reshuffle jilid 1, Jokowi pun ingin Sri Mulyani masuk dalam jajaran kabinet. Namun, situasi politik saat itu tidak kondusif. Sri Mulyani memilih menolak secara halus tawaran Jokowi untuk masuk dalam kabinetnya.

"Sri Mulyani sudah 2 kali diminta, nah baru reshuffle kali ini, di 2014 pernah, 2015 juga, tapi saat itu oposisi masih sangat kuat, jadi beliau menolak secara halus, sekarang timing-nya tepat, waktunya pas," tandasnya. (drk/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed