Follow detikFinance
Jumat 07 Oct 2016, 20:42 WIB

Mendag Gandeng Inkopol Tekan Harga Gula Jadi Rp 12.500

Dana Aditiasari - detikFinance
Mendag Gandeng Inkopol Tekan Harga Gula Jadi Rp 12.500 Ilustrasi (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Setelah mendapat penugasan Kementerian Perdagangan untuk mendistribusikan gula di Pulau Jawa, sejak September 2016, Induk koperasi Kepolisian (Inkoppol) terus menggenjot penjualan gula murah di sejumlah pasar tradisional di Pulau Jawa. Tujuannya, menurunkan harga gula dari harga Rp16-18 ribu per kg menjadi 12.500 per kg.

Mendag Enggartiasto Lukito menjamin bahwa penugasan kepada Inkoppol tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan waktu musim giling tebu nasional.

"Sehingga tidak mengganggu produksi gula dalam negeri," tegas dia dalam keterangannya Jumat (7/10/2016).

Lebih lanjut, Mendag memastikan bahwa gula murah Inkoppol tersebut 100% gula produksi dalam negeri.

Adapun penugasan diberikan karena kemendag beranggapan, agar pengendalian harga berhasil dilakukan, ketersediaan dan pasokan yang banyak tidak lah cukup. Harus dipastikan pula distribusinya tepat sasaran dengan harapat menyasar langsung ke sentra-sentra yang berpotensi mengakibatkan kenaikan harga.

"Penjualan dilakukan di seluruh Pulau Jawa kecuali Jawa Timur, karena daerah tersebut sentra produksi gula nasional," ujar Kepala Divisi Perdagangan dan Pergudangan Inkoppol, Irjen Pol (Purn) Mudji Waluyo dalam keterangan yang sama.

Inkoppol mendapat penugasan pengadaan dan pendistribusian gula dari Kemendag sejak September 2016. Target pemerintah hingga akhir Desember 2016.

Tujuannya, menstabilkan harga gula yang saat ini telah mencapai Rp 18 ribu per kg menjadi Rp 12 ribu per kg.

"Kami menjual gula langsung ke masyarakat, sehingga dijamin tidak ada permainan harga," tegas Mudji.

Untuk mencegah penyalah gunaan, pihak Inkopol mencantumkan label gula operasi pasar inkoppol dan harga jual Rp 12.500 per kg di setiap kemasan. Mudji pun mengancam akan memutuskan kerjasama jika mitra dagangnya memanfaat kondisi pasar dengan menjual diatas ketentuan harga pemerintah tersebut.

Hasilnya kini didaerah-daerah yang menjadi target operasi pasar, termasuk di Kebumen dan Purworejo, harga gula telah stabil di harga Rp 12.500 per kg. Ketersediaan gula murah tersebut tentu saja disambut antusias oleh warga, termasuk warga yang berdagang makanan dan minuman. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed