Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Okt 2016 19:21 WIB

Jangka Waktu Sewa Lahan di Pelabuhan Muara Baru Dibatasi Jadi 5 Tahun

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Perum Perikanan Indonesia (Perindo) membatasi masa sewa lahan di Muara Baru, Jakarta Utara dari 30 tahun menjadi 5 tahun per 31 Agustus 2016. Pembatasan masa sewa ini dilakukan atas keputusan direksi Perindo.

"Kita memendekkan jarak yang dulunya 30 tahun mereka langsung bayar di tempat kan murah ada Rp 700 per meter persegi. Kan tanah nilainya bisa bertambah," jelas General Manager Perindo Jakarta Aryo Dewandanu di Kantor Perindo Kompleks Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara, Senin (10/10/2016).

Setelah masa sewa lahan di 5 tahun pertama telah selesai, pengusaha bisa mengajukan perpanjangan ke Perindo yang nantinya akan diteruskan ke Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Kalau mau lebih dari 5 tahun bukan kewenangan direksi. Itu harus mengajukan ke Perum Perindo, lalu Perum Perindo sampaikan ke Dewan Pengawas dan Ibu Menteri BUMN," ujar Aryo.

Perubahan masa sewa lahan sudah disosialisasikan sejak 15 Juli 2016 lalu dan mulai diterapkan per 31 Agustus 2016 sejak diterbitkannya surat keputusan (SK).

"Kami sudah sosialisasikan sejak 15 Juli lalu," tutup Aryo. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed