Follow detikFinance
Selasa 11 Oct 2016, 16:24 WIB

Nilai Proyek Kereta Kencang Jakarta-Surabaya Sampai Rp 39 Triliun

Maikel Jefriando - detikFinance
Nilai Proyek Kereta Kencang Jakarta-Surabaya Sampai Rp 39 Triliun Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - Nilai investasi proyek Kereta Jakarta-Surabaya diperkirakan mencapai US$ 3 miliar atau sekitar Rp 39 triliun. Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan dimulai awal tahun depan.

"Nilainya cukup besar. Saya kira bisa berkisar hampir US$ 2,5 sampai US$ 3 miliar," kata Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Luhut mengaku telah membicarakan hal tersebut dengan pemerintah Jepang beberapa waktu lalu. Pihak Jepang untuk mempercepat proses studi kelayakan yang dilakukan kedua belah pihak.

"Kita juga ingin lihat studi mengenai kereta api cepat 200 km ini Jakarta-Surabaya. Karena ini punya dampak ekonomi yang luar biasa. Yaitu kita berharap kalau boleh sih first quarter paling lambat second quarter 2017 bisa kita mulai," terangnya.

Dalam rencananya, kereta tersebut tidak akan lagi melewati 1.000 lintasan sebidang yang sudah ada.

"Jadi yang ada sekarang saja kita perkuat bantalannya dan kemudian penyeberangan itu kita buat dari bawah. Sehingga dengan demikian tidak ada lagi berhenti palang-palang yang menimbulkan banyak korban. Itu ada 1.000 titik kurang lebih," paparnya. (ang/dnl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed