Follow detikFinance
Selasa 18 Oct 2016, 17:14 WIB

Ajak Polisi Ikut Tax Amnesty, Ditjen Pajak: 85% Penerimaan Negara dari Pajak

Ardan Adhi Candra - detikFinance
Ajak Polisi Ikut Tax Amnesty, Ditjen Pajak: 85% Penerimaan Negara dari Pajak Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak kembali menggelar sosialisasi tax amnesty kepada anggota kepolisian di Polda Metro Jaya. Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan pajak di lingkungan Polda Metro Jaya.

Porsi APBN dari sektor pajak sangat besar mencapai 85%. Hal ini yang membuat Ditjen Pajak terus menggenjot penerimaan pajak.

"Kenapa ada kebijakan tax amnesty? karena bangun negara ini nggak cukup hanya dengan APBN. APBN tergantung dari pajak di mana hampir 85% penerimaan dari pajak," tutur Direktur Penegakan Hukum Ditjen Pajak Dadang Suwarna di Aula TMC Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2016).

Dirinya menjelaskan bahwa keikutsertaan polisi dalam program tax amesty bisa dilakukan dengan melaporkan seluruh harta yang dimilikinya. Harta yang dimaksud bisa berasal dari dalam negeri maupun luar negeri, baik harta bergerak maupun harta tidak bergerak.

"Dengan undang-undang Nomor 11 Tahun 2016 tax amnesty kami tarik dana saudara untuk ikut tax amnesty. Ada yang disimpan di rumah ada yang di luar negeri," tutur Dadang.

Dengan adanya tax amnesty, likuiditas perbankan juga bisa bertambah dan akan diikuti penurunan suku bunga kredit. Selain itu, berbagai instrumen investasi untuk yang merepatriasi hartanya juga tersedia dengan return yang tinggi.

"Tujuannya kalau uang masuk ada likuiditas di bank, suku bunga bisa turun. Perbaikan investasi kan sudah ada banyak di Indonesia," ujar Dadang. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed