Follow detikFinance
Sabtu 22 Oct 2016, 21:05 WIB

Jokowi Gencar Berantas Pungli, Pengusaha: Oknum-oknum Nakal Takut Semua

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jokowi Gencar Berantas Pungli, Pengusaha: Oknum-oknum Nakal Takut Semua Foto: Ari Saputra
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar memberantas pungutan liar (pungli). Kebijakan ini mendapat respons positif dari pengusaha.

"Itu suatu inisiasi yang sangat positif ya dari presiden. Dan memang kita harus melawan pungutan-pungutan liar ini," ungkap Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani saat dihubungi detikFinance di Jakarta, Sabtu (22/10/2016).

Menurut Rosan, kampanye anti pungli yang digalakan Jokowi sangat penting karena persoalan nomor satu yang membuat daya saing Indonesia turun adalah korupsi.

"Dan pungli itu termasuk ke dalam praktik korupsi. Jadi memang harus dilakukan langkah ini, kita semua harus mendukung," katanya.

Rosan mengatakan, sudah banyak efek yang terasa semenjak kampanye anti pungli ini dilakukan. Menurutnya, sudah banyak pihak-pihak nakal yang mulai ketakutan karena hal tersebut.

"Ini orang-orang sudah pada mulai ketakutan itu, semua oknum-oknum nakal dari manapun takut semua. Shock terapinya ini bagus sekali," jelas Rosan.

Kendati demikian, Rosan berharap supaya pemberantasan praktik pungli ini dapat terus dilakukan. Tidak hanya sementara saja.

"Kita harus lakukan secara konsisten, supaya bisa benar-benar hilang pungli ini," tutupnya. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed