Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Des 2016 13:28 WIB

Hari Ini MK Putuskan Uji Materi UU Tax Amnesty

Edward Febriyatri Kusuma - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan sidang empat perkara uji materi UU Tax Amnesty. Gugatan ini diajukan oleh elemen buruh yang merasa UU ini bersifat diskriminatif.

"Iya betul, 4 perkara PUU tax amnesty, pengucapan putusan jam 13 hari ini," ujar Jubir MK, Fajar Laksono kepada detikcom, Rabu (14//12/2016).

Para penggugat yang merupakan Yayasan Satu Keadilan, Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia, Dewan Pengurus Pusat Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia menganggap UU tax amnesty telah menyalahi UI 1945. Pemohon melihat UU tersebut memiliki unsur keberpihakan terhadap mereka yang telah mengemplang pajak selama bertahun-tahun.

Fajar mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan kehadiran Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menkumaham Yasonna Laolly dalam sidang kali ini. Sementara Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi telah hadir di lokasi.

"Saya belum dapat info lagi, nanti saya cek dulu," tutupnya.

Sebelumnya pemerintah akan menghadirkan saksi ahli dalam sidang tax amnesty selanjutnya, Selasa (11/10/2016). Saksi ahli didatangkan pihak pemerintah untuk menjelaskan manfaat dari diberlakukannya undang-undang tax amnesty.

"Iya kan ini lanjut tanggal 11 Oktober 2016. (Ahli) kan sudah ditunjuk, majelis hakim ajukan ahli juga," jelas Dirjen Pajak Ken Dwijugeasteadi di Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2016) lalu. (edo/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com