Follow detikFinance
Selasa 20 Dec 2016, 14:49 WIB

Ditarget Rampung 2019, Berapa Biaya Bangun Bendungan Sukamahi?

Fadhly F Rachman - detikFinance
Ditarget Rampung 2019, Berapa Biaya Bangun Bendungan Sukamahi? Foto: Fadhly F Rachman
Jakarta - Proyek Bendungan Sukamahi yang terletak di bagian hulu sungai Ciliwung segera dimulai pembangunannya.

Lalu, berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk membangun proyek penampung banjir Jakarta ini?

Dari data yang diterima detikFinance, jumlah anggaran yang diperlukan untuk membangun bendungan Sukamahi sebesar Rp 487,9 miliar. Jumlah tersebut termasuk dengan dana yang dibutuhkan untuk paket supervisi bendungan Sukamahi.

Dengan rincian, paket pembangunan Bendungan Sukamahi sebesar Rp 464,93 miliar dan paket supervisi bendungan sebesar Rp 22,967 miliar.

Jumlah dana tersebut digunakan untuk proses konstruksi bendungan Sukamahi, yang meliputi tampungan bendungan dengan volume maksimal sebesar 1,68×10,6 meter kubik. Dengan luas genangan maksimum 10,015 hektar.

Selain itu, dana itu juga digunakan untuk membuat terowongan pengelak atau terowongan pengendali banjir dengan panjang 366,9 meter yang dapat mengalirkan debit air 57,4 meter kubik/detik. Serta untuk biaya pelimpah terowongan sepanjang 209,67 meter dengan lebar 7 meter.

"Bendungan Sukamahi, nilai waduk Rp 464,9 miliar, dengan penawaran yang ada Rp 436 miliar. Kegiatan supervisi dilakukan dengan nilai pelaku Rp 22,97 miliar, tertawar 21,81 miliar," terang Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBSW) Ciliwung-Cisadane T. Iskandar di Gedung Direktorat Jendral Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Pembangunan Waduk Sukamahi sejatinya sudah direncanakan sejak lama, sekira tahun 1990-an. Namun rencana pembangunannya saat itu terkendala pembebasan lahan. Warga yang rumahnya direncanakan terkena proyek waduk tersebut menolak dengan ganti rugi yang ditawarkan pemerintah.

Rencana itu pun mencuat kembali saat Joko Widodo menjabat Gubernur DKI Jakarta. Saat pria kelahiran Solo tersebut didapuk menjadi orang nomor 1 Republik Indonesia, komitmen pembangunan dua bendungan ini kembali dilanjutkan. Bahkan proyek ini masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2015-2019 yakni pembangunan 49 bendungan dalam 5 tahun.

Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Memiliki daya tampung 1,68 juta meter kubik yang bisa dimanfaatkan untuk mereduksi banjir 29 meter kubik/detik. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed