Follow detikFinance
Rabu 04 Jan 2017, 16:45 WIB

Baru Sekarang Ekonomi RI Tumbuh, Kemiskinan dan Pengangguran Turun

Maikel Jefriando - detikFinance
Baru Sekarang Ekonomi RI Tumbuh, Kemiskinan dan Pengangguran Turun Foto: Maikel Jefriando
Bogor - Ekonomi Indonesia memang tumbuh tidak terlalu tinggi dalam dua tahun terakhir, yakni sekitar 5%. Akan tetapi, pertumbuhan tersebut mampu mendorong turunnya angka pengangguran dan kemiskinan. Ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Demikian hal tiu disampaikan Menko Perekonomian Darmin Nasution usai sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Rabu (4/1/2017).

"Memang pada tahun 2015-2016 pertumbuhan ekonomi kita berjalan terjadi walau nggak terlalu tinggi, bersama dengan tingkat pengangguran yang turun, kemiskinan turun dan distribusi pendapatan yang baik. Selama belasan tahun terahir dia nggak pernah terjadi dengan arah yang diharakan secara bersama-sama," paparnya.

Presiden meminta agar komponen ekonomi yang tumbuh bisa dipelajari lebih rinci. Sehingga upaya untuk menghapus kemiskinan bisa lebih cepat. Misalnya tentang pembangunan infrastruktur dasar yang sudah dimulai sejak awal pemerintah berjalan.

"Presiden minta dipelajari betul, apakah ada studi, apakah pembangunan infra yang menyebar di berbagai daerah dampaknya seperti apa ke kemiskinan, dan sebagainya," tegas Darmin.

Dalam arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Darmin menyampaikan ada beberapa sektor yang perlu diperhatikan secara serius adalah industri manufaktur, pertanian, perdagangan serta konstruksi.

"Presiden juga mengingatkan, minta untuk dikembangkan, bahwa ada beberapa sektor ekonomi yang pertmbuhannya nggak besar, tapi perannya di ekonomi besar, itu pertumbuhan dia sangat pengaruhi pertumbuhan ekonomi kita," tandasnya. (mkl/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed