Follow detikFinance
Rabu 04 Jan 2017, 17:30 WIB

Darmin Yakin Ekonomi RI Tumbuh 5,3% Asalkan Skenario Ini Berjalan

Maikel Jefriando - detikFinance
Darmin Yakin Ekonomi RI Tumbuh 5,3% Asalkan Skenario Ini Berjalan Foto: Maikel Jefriando
Bogor - Menko Perekonomian Darmin Nasution meyakini pertumbuhan ekonomi bisa mencapai target yang ditetapkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017, yakni sebesar 5,1%. Bahkan bisa lebih, asalkan skenario yang disiapkan pemerintah berjalan sempurna.

Darmin menjelaskan, komponen utama pendorong pertumbuhan ekonomi adalah investasi. Dalam dua tahun terakhir, investasi bisa tumbuh pada rentang 6-6,2%. Realisasi tersebut dinilai masih cukup rendah dibandingkan potensi yang tersedia.

Pertumbuhan investasi juga akan mampu mendorong sisi konsumsi rumah tangga. Di mana dengan adanya aktivitas ekonomi yang semakin meningkat bisa menaikkan penerimaan masyarakat. Konsumsi rumah tangga sekarang masih stabil tumbuh pada 5%.

"Kita harus benahi di dalam maupun dari luar sehingga kita bisa mencapai pertumbuhan investasi lebih tinggi," ujar Darmin usai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Bogor, Rabu (4/1/2016).

Komponen lainnya adalah inflasi. Asumsi pemerintah bahwa inflasi sedikit lebih tinggi dibandingkan realisasi 2016 yang sebesar 3,02%. Akan tetapi diupayakan inflasi bisa kembali terjaga pada kisaran 3%, dengan fokus pada pengendalian harga pangan.

"Perkiraan kita memang lebih tinggi, tapi kalau dijaga tentunya bisa terkendali," terangnya.

Ekspor diharapkan bisa kembali pada jalur positif, seiring dengan adanya peningkatan harga minyak dunia dan komoditas seperti batu bara dan Crude Palm Oil (CPO). Pada sisi lain, pemerintah juga akan mengembangkan pasar non tradisional seperti negara di Afrika dan Timur Tengah serta Amerika Selatan.

Darmin menyatakan, pasar negara tersebut terhitung besar mengikuti jumlah penduduk dan perekonomian yang tengah tumbuh pesat.

"Dengan demikian pertumbuhan ekonomi kita bergerak bisa di atas base line yang sudah dicanangkan 5,1%. Kita harap bergerak 5,2-5,3% bahkan lebih," tandasnya. (mkl/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed