Follow detikFinance
Sabtu 14 Jan 2017, 10:51 WIB

Harga Daging Sapi di Jakarta Belum Turun dari Rp 120.000/Kg

Yulida Medistiara - detikFinance
Harga Daging Sapi di Jakarta Belum Turun dari Rp 120.000/Kg Foto: Hendra Kusuma-detikFinance
Jakarta - Harga daging sapi lokal di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, dijual Rp 120.000/kg. Harga tersebut stabil dari beberapa pekan terakhir.

Salah satu pedagang, Maudin (60) mengatakan, harga tersebut naik dari sebelum hari raya Natal 2016 yang dijual Rp 110.000/kg. Sementara itu, dia mendapatkan daging sapi dari Cisalak, Bogor, dan ada pula dari Cakung.

"Harga daging sapi lokal Rp 120.000/kg, kurang tahu kenapa, pasokan ada, tapi biasanya dapat dari pengepul bandar," kata Maudin.

Hal serupa dikatakan pedagang lainnya, Jakaria (58) yang menjual harga daging Rp 120.000/kg. Dia menyebut harga tersebut stabil dari beberapa pekan lalu.

Selain itu, menurutnya harga daging mahal karena pasokan. Ia menyebut biasa mendapatkan barang dari penjegal di Ciputat dan Tapos.

"Memang harganya mahal karena pasokannya kurang biasanya dapat dari Ciputat tukang jegalnya. Kalau lagi kosong lari ke Tapos," ujarnya.

Dia menyebut, saat membeli daging memilih langsung dari kandanganya. Lalu, ukuran sapi dipilih sesuai dengan selera pedagang.

Dalam sehari dia menyediakan stok 50 kg-60 kg. Pembelinya merupakan langganan seperti pengusaha rumah makan. Namun, selain pelanggan menurutnya jarang ada pembeli sehingga sedang sepi.

"Yang beli seperti pengusaha rumah-rumah makan, tukang bakso, tukang sayur, rumah tangga jarang. Sekarang sepi mungkin harga terlalu mahal jadi tidak terjangkau sama orang kecil," tandasnya. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed