Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Feb 2017 15:57 WIB

Ekonomi Arab Lesu, Raja Salman Keliling Asia Genjot Investasi

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Ekonomi Arab Saudi tumbuh tidak terlalu menggembirakan dalam beberapa tahun terakhir ini. Apalagi tren pertumbuhan ekonominya melambat.

Jadwa Investment memprediksi ekonomi Arab Saudi hanya akan tumbuh 0,2% tahun ini. Angkanya lebih lambat dibandingkan tahun 2016 sebesar 1,4% dan tahun 2015 sebesar 4,1%.

Bandingkan dengan ekonomi Indonesia yang tumbuh hingga 5% di 2016 dan tahun ini diprediksi masih akan tumbuh di atas 5%.

Rendahnya harga minyak dunia masih menjadi faktor utama ekonomi Arab Saudi melambat. Selama ini negara di Timur Tengah itu mengandalkan ekonomi dari penjualan minyak.

Akibat masih rendahnya harga minyak, bulan Januari lalu Arab Saudi mengalami deflasi untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir. Ada deflasi tercatat sebesar 0,4% di Januari.

Inflasi di Arab Saudi sudah turun secara perlahan sejak 2008 lalu, saat harga minyak mulai terkena koreksi. Inflasi yang tinggi bisa jadi masalah terhadap ekonomi, tapi deflasi juga sama karena dianggap negatif.

Sebab, ketika terjadi deflasi maka aktivitas ekonomi di wilayah tersebut bermasalah, istilahnya tidak banyak orang yang mengeluarkan uang untuk belanja.

Harga makanan di Arab Saudi terus turun, begitu juga dengan ongkos transportasi di tengah lesunya pariwisata, pengunjung restoran, dan hotel.

Atas dasar itulah kerajaan Arab Saudi gencar melakukan reformasi di bidang ekonominya. Salah satu caranya adalah menggenjot kerja sama dengan negara lain.

"Inisiatif pemerintah untuk mendorong investasi di sektor publik akan memberikan efek positif terhadap permintaan, maka akan terjadi inflasi," kata Kepala Riset Jadwa Investment, Fahad Alturki, di Riyadh seperti dikutip Forbes, Senin (27/2/2017).

"Kami prediksi akan ada inflasi dalam enam bulan ke depan sebelum ada kenaikan harga listrik di semester II-2017," ujarnya. (ang/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com