Follow detikFinance
Kamis 02 Mar 2017, 12:18 WIB

Di Depan Delegasi Asia Pasifik, Menhub Pamer Transportasi RI

Muhammad Idris - detikFinance
Di Depan Delegasi Asia Pasifik, Menhub Pamer Transportasi RI Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, pagi ini membuka diskusi transportasi publik antar negara Asia Pasifik dalam acara Regional Meeting on Sustainable Urban Transportation di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Dalam sambutannya, Budi memaparkan Indonesia sudah bisa berbagi pengalaman mengembangkan transportasi publik pada negara lain. Hal ini tak lepas dari upaya pemerintah yang beberapa tahun belakangan ini membangun begitu banyak infrastruktur transportasi publik.

"Indonesia sudah punya pengalaman mengembangkan transportasi urban, dan di Jakarta sudah mulai melakukannya. Ini dilakukan untuk memenuhi tingginya permintaan atas kebutuhan transportasi urban," kata Budi.

Budi melanjutkan, beberapa proyek besar transportasi publik yang tengah dikebut pengerjaannya seperti Bus Rapid Transit (BRT), Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT).

"Kita sudah buat seperti transportasi publik yang efisien. Karena kebijakan pemerintah fokus pada transportasi yang terjangkau. Pemerintah pusat membiayai proyek transportasi urban di daerah kayak BRT, MRT, dan LRT di Jakarta dan Palembang," ungkap Budi.

"Banyak uang dihabiskan untuk mengatasi masalah ini, urban trasnportasi isu sangat sulit dipecahkan, seperti dengan integrasi, sehingga perlu desain sistem transportasi sistem yang disesuaikan seperti mengintegrasi dengan sekolah dan fasilitas umum lainya," tambahnya.

Beberapa perwakilan yang hadir antara lain berasal dari Economic and Social Commission for Asia dan Pasific Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan 20 negara dari beberapa negara Asia seperti Uzbekistan, China, Tajikistan, Malaysia, dan Korea Selatan. (idr/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed