Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mar 2017 17:00 WIB

Lahan Bawang di Brebes Kebanjiran, Kementan: Pasokan Tak Pengaruh

Yulida Medistiara - detikFinance
Foto: Muhammad Idris Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Beberapa waktu lalu terjadi banjir di Brebes Jawa Tengah yang menyebabkan sejumlah lahan bawang merah tergenang banjir. Meski begitu Kementan tidak khawatir karena masih ada sentra bawang merah lainnya yang memberikan suplai selain Brebes.

Menurut Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono akibat kejadian banjir di kabupaten Brebes, berdampak 3% mengurangi luas tanam Februari, yaitu 425 Ha dari 12.839 Ha sehingga diperkirakan mengurangi panen/produksi bulan Maret (pertengahan/akhir) hingga awal April sekitar 4.314 ton.

"Bawang merah itu hanya 3% (dampak banjir Brebes). Menurut saya itu kecil sih, tidak terganggu," ujar Spudnik, di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (6/3/2017).

Ia mengatakan, dampak tersebut masih kecil karena saat ini stok bawang merah juga di suplai tidak hanya Brebes. Misalnya Cirebon, Majalengka, Bima, dan Solok.

"Saya besok mau panen hari Rabu di Cirebon artinya tidak di Brebes saja (produksinya), ada di Majalengka juga," ujar Spudnik.

Beberapa lokasi penyangga yang masih panen misalnya di daerah Jawa seperti Brebes, Demak, Temanggung, Waleri, Pati, Nganjuk, Sumenep. Wilayah sentra Sumatera di Solok, Sulawesi di Enrekang, NTB di Bima dan Sumbawa. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed