Follow detikFinance
Jumat 17 Mar 2017, 22:48 WIB

Raffi Ahmad: Sebelum Ikut Tax Amnesty Pajak Saya Berantakan

Muhammad Idris, Hendra Kusuma - detikFinance
Raffi Ahmad: Sebelum Ikut Tax Amnesty Pajak Saya Berantakan Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Banyak pekerja seni, termasuk artis, yang kesulitan dalam membayar pajak. Tapi, bukan karena mereka tidak patuh, melainkan belum sepenuhnya mengerti cara membayar pajak.

Raffi Ahmad, salah satunya. Artis yang malang melintang di segudang sinetron ini mengaku baru menaruh perhatian serius pada pajak setelah ikut program tax amnesty.

"Pajak saya berantakan. Saya kadang ugal-ugalan enggak tahu banyak pajak. Dengan adanya pengampunan pajak saya jadi banyak bertanya, banyak sekali bantu. Dengan ikut tax amnesty, pajak jadi tersusun rapi," kata Raffi saat temu artis di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Menurut suami dari Nagita Slavina ini, sebelumnya laporan pajaknya sangat berantakan. Selain lantaran ketidaktahuan, masalah pajaknya juga terjadi karena banyak bukti potong pajaknya tidak diserahkan kepadanya seusai syuting.

"Karena upah saya kan dibayar production house dan televisi. Kita dibayar kontrak net, sudah dipotong pajak, tapi kita sebagai artis susah sekali minta bukti potongnya. Kadang malah ada production house yang bandel diminta bukti pajaknya katanya nyusul," jelas Raffi.

Raffi Ahmad cerita pengalaman ikut tax amnesty Raffi Ahmad cerita pengalaman ikut tax amnesty Foto: Muhammad Idris, Hendra Kusuma/detikFinance

Diungkapkannya, dirinya pun mencoba membantu mensosialisasikan tax amnesty yang akan habis pada 31 Maret nanti ke sesama artis, maupun penggemar setianya. Caranya dengan menggunakan media sosial.

"Amnesti pajak akan habis 2 minggu lagi, yang saya bisa lakukan ke teman-teman yang lain, ini testimoni saya gembor-gemborkan lewat Instagram dan Twitter. Bayar pajak itu keren!" tandas Raffi.

Selain Raffi Ahmad, hadir pula dalam acara itu komedian stand up comedy, Mongol. Dia mengaku selalu menyempatkan diri mensosialisasikan pajak pada setiap kali melakukan aksinya di atas panggung.

"Setiap kita membayar kewajiban kita, Saya tetap yakin Tuhan tidak tutup mata, buktinya saya tetap laris," kata dia.

Tidak hanya itu, kata Mongol, sebagai masyarakat yang berada di lingkungan selebriti selalu mengingatkan dan mengajak teman seprofesinya untuk taat dan patuh dengan kewajiban pajaknya.

Komedian stand up comedy MongolKomedian stand up comedy Mongol Foto: Muhammad Idris, Hendra Kusuma/detikFinance

Sebab, sambung dia, rekan-rekan pekerja seni tidak jarang masih awam dengan sistem perpajakan, mulai dari prosedurnya hingga pembayaran pajaknya sendiri.

"Saya selalu ingatkan orang di mana pun saya tampil untuk bayar pajak, saya kalau cari tahu enggak di google tapi langsung ke kantor pajak, karena kalau salah bisa langsung komplen," tandasnya. (/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed