Follow detikFinance
Sabtu 18 Mar 2017, 12:34 WIB

Gudang Garam Mau Bangun Bandara di Kediri, Menhub: Silakan

Aditya Fajar Indrawan - detikFinance
Gudang Garam Mau Bangun Bandara di Kediri, Menhub: Silakan Foto: Aditya Fajar Indrawan
Pontianak - PT Gudang Garam Tbk (GGRM) berencana membangun bandara di Kediri Jawa Timur. Hal itu direspons positif oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, jika sudah memenuhi beberapa syarat.

"Boleh-boleh saja, silakan saja kalau memang ada uangnya. Pada dasarnya pemerintah memperbolehkan jika pihak swasta ingin membuat bandara, apalagi tujuannya adalah untuk meningkatkan ekonomi daerah sekitar," kata Menhub Budi Karya di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3/2017).

Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan sebelum merealisasikan pembangunan bandara itu.

Baca juga: Gudang Garam Siapkan Tanah Bangun Bandara di Kediri

"Pertama jarak dengan bandara tidak boleh terlalu dekat, idealnya setiap 200 kilometer. Kedua, memperhitungkan sisi manajemen udara dengan memperhitungkan kebiasaan arah mata angin," ungkap mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu.

Menurutnya hal teknis seperti itu penting, dengan alasan memperhitungkan aspek keselamatan penerbangan. Selain itu, tak ada penghalang (obstacle) juga menjadi syarat penting dalam pembangunan bandara.

"Perhitungan arah mata angin harus tepat, agar tidak membahayakan penerbangan. Bagaimana kalau ada angin dari samping dan bisa mengganggu turbulance take off dan landing. Terakhir apakah ada obstacle gunung atau bangunan di sekitar bandara, harus ada perhitungan khusus," tambahnya.

Selain itu ditambahkan Menhub, untuk pengelolaannya nanti ia berharap dapat dikelola oleh PT Angkasa Pura I. Ia juga meminta jika nantinya PT Gudang Garam merealisasikan bandara itu, dapat juga digunakan untuk umum.

"Diharapkan, kalau memang nanti terbangun, bisa dikelola oleh Angkasa Pura I yang membawahi wilayah tersebut. Selain itu bandaranya nanti harus bisa digunakan untuk umum," tutup Budi Karya. (adf/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed