Follow detikFinance
Senin 20 Mar 2017, 10:08 WIB

Butuh Rp 1 Triliun Perlebar Jalan Akses ke 3 Pos Perbatasan Kalimantan

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Butuh Rp 1 Triliun Perlebar Jalan Akses ke 3 Pos Perbatasan Kalimantan Foto: dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga melakukan pelebaran jalan akses perbatasan ke tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang ada di Kalimantan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan untuk mengubah wilayah perbatasan menjadi 'halaman depan negara'.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR yang dikutip Senin (20/3/2017), setidaknya ada 3 paket pelebaran jalan akses menuju wilayah perbatasan atau PLBN yang ada di Kalimantan. Ketiga paket pelebaran jalan dengan total 95,2 km tersebut ditaksir nilai kontraknya mencapai Rp 1,07 triliun.

Paket pekerjaan pertama adalah paket pelebaran jalan Simpang Tanjung-Aruk II yang menuju PLBN Aruk di Kabupaten Sambas. Nilai kontrak pengerjaannya mencapai Rp 352,66 juta dengan panjang 26,2 km. Pekerjaan ini dilaksanakan oleh PT Waskita Karya dengan target selesai November 2018. Saat ini progres fisik mencapai 38,53%.

Pelebaran jalan selanjutnya adalah akses perbatasan ke PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau dari jalan Batas Serawak - Entikong - Balai Karangan - Kembayan. Nilai kontraknya mencapai Rp 436,10 juta dengan panjang 42 km. Pelaksananya adalah PT Wijaya Karya bekerja sama dengan PT Istaka Karya dan PT Daya Mulia Turangga. Saat ini progres fisiknya mencapai 37,26% dan ditargetkan rampung November 2018.

Dan terakhir adalah pelebaran jalan akses perbatasan ke PLBN Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, dari jalan Lanjak menuju Nanga Badau. Pelebaran jalan sepanjang 27,55 km ini menelan dana Rp 284 miliar dan dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya. Sama dengan dua paket pelebaran jalan lainnya, pekerjaan ini ditarget rampung November 2018 dan progres fisik saat ini mencapai 35,37%.

(ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed