Follow detikFinance
Senin 20 Mar 2017, 15:30 WIB

Hadiri Panen Udang di Kolaka, Susi Pesan Petani Jaga Ekosistem

Siti Harlina - detikFinance
Hadiri Panen Udang di Kolaka, Susi Pesan Petani Jaga Ekosistem Foto: Siti Harlina
Kolaka - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menghadiri panen raya udang faname milik Firman di Jalan By Pass, Desa Towua, Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) , Senin (20/3/2017).

Susi bersama rombongan tiba di lokasi panen raya sekitar pukul 13.00 WITA yang juga didampingi Bupati Kolaka, Ahmad Safei.

Luas lokasi panen raya udang milik Firman yakni 3.000 meter persegi yang dibagi menjadi lima petak dengan hasil panen yang dilakukan hari itu yakni sebanyak 13 ton untuk 117 hari.

Usai melakukan panen raya udang, Susi langsung berdialog dengan petani tambak. Dalam kesempatan itu, Susi memberikan arahan kepada petani tambak udang faname agar bisa menjaga ekosistem.

"Biasanya udang faname itu memiliki penyakit bawaan, jadi saya sarankan jika sudah panen selama tiga tahun berturut-turut diganti saja dengan yang lain misalnya ikan bandeng," sarannya.

Hadiri Panen Udang di Kolaka, Susi Pesan Petani Jaga EkosistemFoto: Siti Harlina

"Kadang ekosistem itu kita paksakan sehingga alam tidak mendukung, di Jawa banyak yang panen udangnya gagal, jadi kita mencegah lebih baik," lanjutnya.

Ahmad Safei mengatakan, ada 8.000 hektar wilayah Kabupaten Kolaka yang bisa dikelola petani tambak. Namun yang sudah termanfaatkan baru sekitar 3.000-4.000 hektar saja.

"Kami terkendala pada modal, sehingga kami berharap dengan datangnya Ibu Menteri bisa membantu kami," harapnya.

Gayung bersambut, spontan Susi mengarahkan kepada Perinus dan Perindo yang akan bekerja sama dengan BNI dan BRI ikut memfasilitasi para petani.

"BNI dan BRI yang akan berikan pinjaman, kemudian Perinus dan Perindo sebagai BUMN akan ikut membantu bersama Dirjen Budi Daya. Saya akan pantau lho, targetnya setahun saya beri 200 haktar," ujarnya. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed